Apa Itu Employee Engagement? Ini Arti dan Manfaatnya

30 Juni 2023

Employee engagement adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan agar bisa menjaga kestabilan kesuksesan perusahaan. Kesuksesan suatu perusahaan tidak bisa dilepaskan dari kinerja karyawan yang sangat berdedikasi dibaliknya.

Tanpa kinerja karyawan yang baik maka kesuksesan perusahaan mustahil untuk diraih. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki usaha untuk mengikat karyawan, salah satunya dengan employee engagement tersebut. Bagi kamu yang belum tahu dengan istilah tersebut, ini arti dan manfaatnya.

Arti Employee Engagement

Employee engagement merupakan usaha yang dilakukan perusahaan untuk memahami hubungan antara organisasi dengan para karyawannya, baik itu secara kuantitatif maupun kualitatif. Konsepnya sendiri mulai dipopulerkan oleh Gallup Consultant pada tahun 2004 lalu prinsipnya terus diadopsi hingga saat ini.

Meskipun hampir sama dengan employee happiness (kebahagiaan dalam bekerja) tetapi ini berbeda. Dikutip dari Forbes, Kevin Cruises menyampaikan ada banyak karyawan yang merasa bahagia ketika bekerja pada suatu perusahaan. Akan tetapi, tidak terlibat (engagement) dengan visi misi perusahaan maupun tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Maka dari itu, kebahagiaan para karyawan untuk sangatlah penting. Tetapi membuat karyawan engage juga tidak kalah penting terhadap kenyamanan kerja karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

Baca Juga : Langkah-Langkah Membuat SOP Perusahaan

Manfaat Employee Engagement

1. Meningkatkan Produktivitas

Karyawan yang memiliki keterlibatan sangat tinggi dalam perusahaan tempatnya bekerja biasanya sudah sangat memahami apa tujuan  dari bisnis perusahaan. Selain itu, juga bisa mengatur cara kerja agar dapat aligned dengan strategi perusahaan.

Dengan begini maka hasilnya karyawan mampu bekerja secara efektif sehingga produktivitas individu maupun tim akan meningkat. Perusahaan pasti akan melihat hasilnya dengan sangat jelas.

2. Meningkatkan Profit

Organisasi atau perusahaan yang memiliki karyawan yang terlibat maka kinerja individu maupun tim akan membaik, pelanggan puas dan produktivitas meningkat. Hal ini tentu akan diakhiri dengan profit yang ikut meningkat juga.

Menurut Meta-analisis dari Gallup, unit kerja atau bisnis yang mendapatkan skor tertinggi pada employee engagement menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas 21% daripada seperempat skor yang lebih rendah lainnya.

3. Kinerja Tim yang Lebih Baik

Karyawan yang terlibat dengan apa yang dilakukan akan memberikan dampak positif pada dirinya sendiri. Selain itu, juga berdampak positif pada seluruh tim. Hal ini disebabkan oleh karyawan yang bekerja bisa memberikan performa di level tertinggi. Bayangkan saja jika kamu memiliki lebih dari satu karyawan yang bekerja di dalam tim.

4. Menurunnya Tingkat Perputaran

Selanjutnya adalah menurunnya tingkat perputaran. Tidak ada alasan bagi karyawan yang pekerja pada suatu perusahaan untuk cepat-cepat mengundurkan diri atau keluar. Hal ini dikarenakan para karyawan memiliki komitmen emosional terhadap pekerjaannya dan lingkungan pekerjaan.

Kondisi seperti ini tentu saja akan menyelamatkan perekrut dari beban rekrutmen karyawan setiap kali ada karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri. Maka dari itu, employee engagement sangatlah penting.

5. Meningkatkan Kesehatan dan Juga Keselamatan Karyawan

Karyawan yang terlibat dalam perusahaan biasanya akan lebih peka terhadap lingkungan pekerjaannya. Dimana para karyawan memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Hal inilah yang membuatnya jarang bertindak ceroboh dan juga menghindarkan mereka dari berbagai masalah serta risiko.

6. Tingkat Absensi Menurun

Karyawan yang terlibat dalam perusahaan cenderung lebih loyal terhadap pekerjaan dan juga perusahaan. Tentu saja ini akan membuat bekerja sehari-hari menjadi lebih menyenangkan. Keterikatan karyawan yang tinggi akan memperbaiki tingkat proporsi presensi karyawan sehingga tingkat absen menurun.

7. Memperpanjang Masa Bakti Karyawan

Berkat employee engagement, karyawan akan bertahan lebih lama di perusahaan tempatnya bekerja. Mereka merasa terlibat langsung dan berkontribusi secara positif pada tujuan perusahaan.

Kontribusi karyawan yang positif akan memberikan kepuasan dalam bekerja dan juga semangat yang tinggi. Pada akhirnya keterkaitan antara perusahaan dan karyawan akan memperpanjang lama karyawan bekerja dan juga berkontribusi pada perusahaan.

8. Pelayanan Pelanggan Menjadi Lebih Baik

Manfaat yang terakhir adalah pelayanan pelanggan menjadi lebih baik. Karyawan yang dapat berkomitmen pada pekerjaannya tentu akan bisa melihat serta menentukan apa yang terbaik bagi para pelanggan yang dimiliki.

Bahkan karyawan bisa memunculkan ide-ide segar yang lebih cepat dibandingkan orang lain. Ini dikarenakan karyawan sangat aktif untuk memperbarui kondisi pasar dan selalu menghargai keberadaan pelanggan.

Baca Juga : Cara Menghitung Laba Bersih Perusahaan Agar Tidak Rugi

5 Faktor yang Mempengaruhi Employee Engagement

Bukan rahasia lagi jika tujuan karyawan bekerja adalah untuk mendapatkan gaji. Namun, gaji tinggi yang diberikan perusahaan tidak menjamin karyawan untuk setiap pada perusahaan. Lebih dari gaji, karyawan juga perlu mendapatkan lima faktor dibawah ini agar lebih terikat serta terlibat dengan perusahaan serta pekerjaan.

  • Perkembangan kemampuan yang irasional.
  • Level manajer yang peduli dengan keadaan para karyawannya.
  • Komunikasi dua arah yang aktif, bermakna dan konstan.
  • Fokus pada kelebihan karyawan yang dimiliki.
  • Tujuan kerja yang lebih bermakna daripada hanya sekedar mendapatkan gaji bulanan.

Itulah informasi tentang arti employee engagement dan manfaatnya. Bagi kamu yang memiliki bisnis wajib tahu apa itu employee engagement dan cara menerapkannya. Ini penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan keuntungan.

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan fitur Live Customer Service dari Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp API untuk mengembangkan bisnis agar lebih maju lagi. Dengan fitur ini, kamu bisa memprioritaskan dan menangani pesan yang masuk dengan lebih efektif. Caranya dengan menugaskan agen customer service untuk tiap channel dengan dashboard Koala+.

Kamu bisa menugaskan agen untuk menangani pertanyaan di media sosial seperti Instagram atau Facebook, agen lain untuk marketplace, dan agen lainnya untuk chat di WhatsApp. Jadi, kamu bisa mengatur penugasan agen sesuai banyaknya pesan yang harus dibalas. Menggunakan fitur ini juga akan membantu kamu dalam meningkatkan service quality. Tunggu apalagi yuk segera gunakan Koala+ sekarang juga!