Apa Itu Automation Marketing? Ini Arti dan Manfaatnya

28 Juni 2023

Akhir-akhir ini automation marketing atau otomatisasi pemasaran banyak dipilih karena keberadaannya bisa memudahkan proses pemasaran suatu produk. Otomatisasi pemasaran dalam proses pemasaran akan melibatkan teknologi sehingga segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah.

Automation marketing merupakan sistem atau alat yang melakukan otomatisasi dalam proses pemasaran sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Semua akan lebih mudah lagi jika media sosialmu memiliki banyak followers dan situs e-commerce yang dikelola memiliki banyak member.

Baca Juga : Strategi Whatsapp Marketing yang Efektif dan Mudah Dicoba

Apa Itu Automation Marketing?

Pengertian automation marketing atau otomatisasi pemasaran adalah sebuah teknologi dalam perangkat digital yang memiliki tugas secara otomatis untuk mengelola proses pemasaran dan juga pemasaran multifungsi dari beberapa saluran bisnis. Penggunaan teknologi ini dalam bisnis sudah semakin berkembang dan populer di kalangan pebisnis.

Penggunaaan teknologi ini adalah dengan mengatur target pelanggan menggunakan pesan otomatis melalui media sosial, email ataupun website. Nantinya pesan yang dibuat akan terkirim secara otomatis sesuai dengan instruksi yang sebelumnya sudah diatur.

Otomatisasi pemasaran ini juga mempunyai sistem yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempersingkat tugas pemasaran yang biasanya membutuhkan banyak waktu. Tugas-tugas tersebut seperti membuat kampanye digital dan mengotomatisasi kualifikasi calon konsumen.

Apabila ada banyak hal yang dilakukan secara otomatis, maka akan lebih banyak menghemat tenaga dan waktu yang kamu miliki. Kondisi ini akan membuat kamu menjadi lebih fokus pada peningkatan pendapatan maupun pengembangan bisnis.

Otomatisasi pemasaran ini bekerja dengan cara mengotomatisasi proses pemasaran. Contohnya yaitu mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai interaksi di media sosial, website dan email. Data yang dikumpulkan tersebut akan digunakan untuk mempersingkat proses segmentasi pasar dalam menentukan target pelanggan yang tepat.

Setelah itu, kamu hanya perlu membuat pesan yang relevan dan terpersonalisasi melalui email, media sosial dan website dengan sangat mudah dan cepat.

Baca Juga : Relationship Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Manfaat Automation Marketing

Sebelum automation marketing diterapkan dalam bisnis-mu, sebaiknya kamu harus tahu manfaatnya terlebih dahulu. Berikut beberapa manfaat automation marketing yang harus kamu ketahui:

1. Membantu Memahami Pelanggan

Manfaat otomatisasi pemasaran yang pertama yaitu bisa membantu kamu memahami pelanggan dengan lebih baik. Melalui otomatisasi pemasaran ini, interaksimu dengan pelanggan menjadi lebih baik lagi.

Perlu diketahui jika para pelanggan akan cenderung membeli brand atau merek yang menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Maka dari itu, sangatlah penting untuk melakukan personalisasi untuk kemudian mendorong loyalitas pelanggan.

2. Untuk Efisiensi Kerja

Keberadaan automation marketing ini bisa mempermudah pekerjaan tim digital marketing bisnis-mu. Dimana pekerjaan tim digital marketing menjadi lebih efisien karena ada beberapa tugas yang sebelumnya dilakukan secara manual, sekarang dilakukan secara otomatis.

Dengan begini maka kamu dan tim bisa lebih fokus pada pekerjaan lainnya yang dinilai lebih penting. Misalnya melakukan prospek dan juga retensi pelanggan.

3. Melakukan Penghematan

Manfaat otomatisasi pemasaran selanjutnya adalah kamu bisa melakukan penghematan waktu. Selain itu, juga bisa meningkatkan engagement, meningkatkan profit serta mengoptimalkan pemasaran.

Pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan bisa kamu beli secara berkala. Contohnya yaitu mengucapkan selamat ulang tahun atau menyebutkan nama pelanggan di setiap pesan promosi produk yang kamu kirimkan.

4. Membantu Menerapkan Strategi Kompleks

Strategi pemasaran tidak sesederhana hanya dengan melakukan interaksi atau kontak berulang kali dengan para pelanggan. Perlu adanya sejumlah pemetaan dan juga pertimbangan ketika melakukan interaksi dengan calon konsumen.

Automation marketing sendiri bermanfaat memungkinkamu untuk menerapkan strategi campaign yang kompleks. Misalnya dengan mengirim pesan khusus ke berbagai segmentasi audiens berdasarkan perilaku, minat dan data dari alat CRM (Customer Relationship Management) yang dimiliki.

5. Memperbanyak Pendapatan

Di dalam teknologi otomatisasi pemasaran terdapat fitur yang bernama cross-sales. Fitur ini bisa kamu atur secara otomatis untuk memperbanyak pendapatan. Ditambah dengan manajemen yang baik maka kegiatan penjualan yang dilakukan akan menghasilkan angka yang lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

6. Menghemat Anggaran Pemasaran

Bisnis yang menggunakan perangkat lunak ini berarti kamu tidak membutuhkan banyak karyawan untuk mengelolanya. Dimana kamu hanya perlu menyiapkan kampanye pemasaran saja berdasarkan kriteria yang disesuaikan dengan kebutuhan lalu akan dikerjakan secara otomatis.

Banyaknya konten atau email yang setiap hari dipersonalisasi secara otomatis tentu sangat bisa menghemat anggaran pemasaran dalam bisnis.

7. Memperbaiki Akuntabilitas Tim Pemasaran dan Juga Penjualan

Otomatisasi pemasaran yang sukses bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya dari hambatan promosi yang terlihat sangat berkurang karena adanya proses pemasaran yang jelas. Hal ini berarti akuntabilitas karyawan yang bergabung dalam tim pemasaran dan juga tim penjualan akan bekerja lebih baik lagi.

8. Memberikan Solusi Kepada Pelanggan dengan Lebih Cepat

Manfaat otomatisasi pemasaran selanjutnya yaitu membantu bisnis lebih memprioritaskan maupun mengelola calon pembeli sehingga pertanyaan-pertanyaan yang masuk bisa dijawab dengan sangat cepat.

Data perilaku yang tersimpan di Customer Relationship Management membuat karyawan visa diberdayakan untuk memberikan bantuan yang lebih relevan tanpa harus terlebih dahulu menggali informasi.

Itulah informasi tentang pengertian automation marketing beserta manfaatnya. Penggunaan otomatisasi pemasaran memberikan banyak manfaat untuk bisnis, salah satunya meningkatkan pendapatan. Selain itu, proses pemasaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kehadiran teknologi harus dimanfaatkan dengan baik, terutama untuk kegiatan bisnis. Kamu bisa menggunakan Koala+ yang sudah partner bisnis resmi Facebook untuk mengembangkan bisnis. Penggunaan Koala+ juga membantu kamu untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan yang didapatkan semakin besar.

Koala+ sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API, jadi kamu akan lebih mudah dalam menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan. Fitur Koala+ seperti Broadcast Message, Chatbot, Live Customer Service, Manajemen Transaksi, Manajemen Produk dan Mode Restoran akan membantu kamu mengoptimalkan bisnis dengan mudah dan cepat.