Pengertian Loyalty Program, Manfaat, Jenis dan Contoh

26 Juni 2023

Loyalty program atau program loyalitas cara yang cukup efektif untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pada bisnis yang dimiliki. Tujuan perusahaan melakukan cara ini adalah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah menggunakan produk ataupun jasa.

Menerapkan program ini jauh lebih murah dibandingkan dengan mencari pelanggan baru yang belum tentu tertarik dengan produk yang ditawarkan. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian program loyalty, manfaat, jenis dan juga contohnya.

Pengertian Loyalty Program

Dikutip dari laman blog hubspot, loyalty program adalah suatu program penghargaan yang diberikan perusahaan kepada para pelanggan dengan tujuan untuk menjaganya supaya tetap setia untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan secara terus menerus.

Dari pengertian diatas diketahui program loyalty ini dibuat oleh pihak perusahaan supaya dapat mempertahankan bisnis yang dimiliki dalam jangka waktu yang lama. Contoh program loyalty yang populer adalah diskon poin, cashback, program membership, beli satu gratis dua dan sebagainya.

Pada umumnya, tujuan diterapkannya program loyalty adalah untuk mempertahankan pelanggan lama agar hanya membeli produk atau jasa dari perusahaan tersebut saja. Selain itu, program ini juga bisa digunakan untuk menarik perhatian konsumen baru. Secara tidak langsung, program loyalty akan membantumu meningkatkan matrix customer retention rate.

Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

Manfaat Loyalty Program

Inilah beberapa manfaat Loyalty program yang harus diketahui:

1. Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat program royalti yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan program tersebut bisa membuat banyak pelanggan tertarik sehingga melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih banyak serta mendapatkan reward dari pembelian yang dilakukan.

2. Bisa Menarik Konsumen Baru

Dengan melihat program loyalty yang menarik, biasanya audiens akan tertarik untuk mencoba produk atau jasa dari perusahaan. Jadi, melalui program ini bisa menarik banyak pelanggan baru dengan lebih mudah daripada melakukan promosi biasa tanpa adanya keuntungan lebih.

3. Mempertahankan Konsumen Lama

Selain mendapatkan konsumen baru, program loyalty juga bisa mempertahankan konsumen lama. Konsumen lama akan bertahan untuk menggunakan produk dari satu perusahaan apabila merasa kebutuhannya terpenuhi dan mendapatkan benefit lainnya.

4. Mendukung Return of Investment (ROI)

Ternyata pengembalian investasi dinilai lebih cepat apabila menggunakan program loyalty yang terencana dengan baik dibandingkan dengan melakukan kampanye marketing lainnya yang membutuhkan biaya yang sangat besar.

5. Menciptakan Customer Advocacy

Jika program loyalty yang kamu tawarkan menarik, kemungkinan besar pelanggan akan merekomendasikan merek atau brand-mu kepada orang-orang di sekitarnya. Hal ini tentu saja akan menciptakan customer advocacy. Biasanya kegiatan ini dinamakan advocacy marketing.

Dimana para pelanggan akan sukarela memperkenalkan brand milikmu sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menciptakan brand awareness.

Baca Juga : Brand Positioning: Arti, Jenis dan Manfaat untuk Bisnis

Jenis dan Contoh Loyalty Program

1. Value Loyalty

Value loyalty merupakan program loyalty yang bertujuan untuk menjalin hubungan emosional dengan para pelanggan. Dimana perusahaan mengajak para pelanggan untuk membeli produk miliknya karena sekian persen keuntungan yang didapatkan akan didonasikan kepada orang yang membutuhkan atau yayasan amal.

Melalui program ini, perusahaan bisa memperoleh keuntungan dan ini merupakan strategi yang efektif untuk menarik simpati masyarakat. Contoh perusahaan yang menerapkan program value loyalty adalah sebagai berikut:

  • TOMS One for One
  • Sephora Beauty Insider Points

2. Loyalty Point

Pada loyalty point, nantinya pelanggan bisa mengumpulkan poin lalu bisa ditukarkan untuk mendapatkan hadiah dari perusahaan. Cara kerja loyalty program ini sangatlah sederhana karena pelanggan yang melakukan transaksi pembelian dalam jumlah tertentu akan mendapatkan poin.

Dalam hal ini pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian berulang kali untuk mendapatkan poin lalu mengumpulkannya. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan untuk mendapatkan hadiah menarik dari perusahaan. Biasanya perusahaan menyediakan hadiah berupa diskon, voucher, cashback, liburan gratis dan sebagainya.

Adapun contoh perusahaan yang menerapkan loyalty point adalah sebagai berikut:

  • MyTelkomsel daily check-in
  • Starbucks Reward
  • SOCO Points

3. Tiered Loyalty

Tiered loyalty merupakan program membership yang mana pelanggan bisa mendapatkan keuntungan (benefit) berdasarkan tingkatan yang dimiliki. Semakin tinggi tingkatan pelanggan maka semakin eksklusif dan beragam hadiah yang bisa didapatkan.

Misalnya, di awal berlangganan kamu berada di level bronze. Setelah melakukan berbagai macam transaksi maka levelnya bisa naik menjadi silver, gold, platinum lalu diamond. Contoh perusahaan yang menerapkan tiered loyalty adalah sebagai berikut:

  • Sephora Beauty Insider
  • Shopee Loyalty
  • Tokopedia Loyalty

4. Paid Loyalty

Dalam program paid loyalty ini, pelanggan akan mendapatkan tawaran khusus untuk bergabung menjadi salah satu anggota atau member dari komunitas dengan membayar biaya per bulan ataupun per tahun. Jika kamu menjadi member maka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada pelanggan non member

Keuntungan yang bisa didapatkan sangat beragam, tergantung bisnis yang dijalankan perusahaan. Inilah beberapa contoh perusahaan yang mempunyai paid loyalty program:

  • Amazon Prime : Gratis ongkir tidak terbatas dan mendapatkan akses ke layanan streaming serta Prime Day Sales.
  • Clandy’s : Harga khusus atau lebih murah untuk semua jenis produk toko bagi pelanggan yang memiliki kartu member.

5. Event Terbatas

Event terbatas adalah perusahaan akan memberikan hadiah atau keuntungan kepada para pelanggan pada saat momen spesial. Program ini bisa diikuti oleh umum atau hanya pelanggan setiap saja, tergantung kebijakan perusahaan.

Event terbatas biasanya dilakukan saat tanggal kembar, Ramadhan, Hari Ibu, Hari Valentine, Hari Kemerdekaan, dan sebagainya. Pada momen spesial tersebut, perusahaan akan memberikan keuntungan berupa harga promo, diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan dan masih banyak lagi. Contohnya yaitu Lazada 12.12 dan Shopee flash sale.

Itulah informasi tentang pengertian loyalty program, manfaat, jenis dan contohnya. Dari penjelasan diatas diketahui loyalty program memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa meningkatkan penjualan. Penjualan produk yang meningkat akan menambah keuntungan yang didapatkan.

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Live Customer Service dari Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp API. Dengan fitur ini, kamu bisa menugaskan agen customer service (CS) untuk setiap channel menjadi lebih mudah dengan dashboard Koala+ yang sama.

Agen bisa memprioritaskan dan juga menangani pesan yang masuk menjadi lebih efektif. Kamu juga bisa menugaskan agen untuk menangani pertanyaan di media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Sedangkan agen lain untuk marketplace dan agen lainnya untuk chat di Whatsapp. Jadi tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!