Aspek Pemasaran dalam Bisnis untuk Meraih Kesuksesan

29 April 2023

Ada beberapa faktor penting yang menjadi kunci kesuksesan suatu bisnis, salah satunya yaitu aspek pemasaran. Aspek satu ini bisa membuat produk yang diproduksi menjadi dikenal banyak orang sehingga banyak yang membelinya. Artinya aspek pemasaran bisa mempengaruhi kesuksesan produk hingga bisnis hingga meningkatkan penjualan.

Tujuan dari aspek pemasaran ini adalah untuk menguntungkan perusahaan karena penjualan produk meningkat. Selain itu, juga bertujuan untuk menguasai pasar, mengurangi persaingan, melayani pihak tertentu dan menaikkan jumlah produk di pasaran. Lalu, apa saja aspek pemasaran itu?

Aspek Pemasaran dalam Bisnis untuk Meraih Kesuksesan

Kamu yang belum tahu apa saja aspek pemasaran dalam bisnis, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation

Pertama ada spesifikasi produk dan product differentiation. Dalam menjalankan aspek pemasaran diharuskan untuk mengetahui spesifikasi suatu produk dengan lengkap. Produk adalah setiap hal yang berbentuk barang ataupun jasa yang ditawarkan ke pasaran untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan keperluan setiap pelanggan.

Setiap keputusan yang dibuat berkaitan dengan suatu produk dalam aspek ini mencakup bentuk penawaran fisik, kemasan, garansi, fisik dan after sales service. Pengembangan pada produk bisa dilakukan setelah mengetahui kebutuhan maupun keinginan pasar.

Jika hal-hal tersebut sudah selesai maka keputusan terkait distribusi, harga maupun promosi bisa langsung diambil. Selain itu, perlu diketahui jika suatu produk itu tidak hanya berkaitan dengan barang tetapi juga jasa.

Baca Juga : Perbedaan Pemasaran dan Penjualan yang Wajib Diketahui

2. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan untuk mengidentifikasi dan membagi-bagi pasar berdasarkan karakteristik pelanggan. Pada umumnya, segmentasi pasar ini ditentukan oleh usia, kondisi sosial-ekonomi, kekhasan suatu daerah dan keadaan-keadaan khusus pada suatu pelanggan.

Contoh keadaan-keadaan khusus pada pelanggan yaitu memiliki pantangan terhadap suatu produk pangan atau hanya mengonsumsi produk pangan tertentu saja. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Segmentasi pasar yang dilakukan akan memberikan gambaran khusus pada perusahaan mengenai bagaimana suatu produk tersebut dihasilkan.

Apakah suatu produk atau jasa yang dihasilkan bisa memuaskan kebutuhan pelangga atau tidak. Selain itu, segmentasi yang dilakukan bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada pada perusahaan. Hal ini tentu saja akan membuat produk yang dihasilkan bisa tepat sasaran dan juga berdaya guna.

3. Analisis Kondisi Pasar

Analisis kondisi pasar penting dilakukan karena akan digunakan untuk mengetahui kecenderungan pelanggan terhadap produk ataupun jasa tertentu. Analisis ini juga dilakukan untuk memahami kemampuan daya beli pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya hingga kepuasan pelanggan terhadap kebutuhan tersebut.

Melakukan analisis kondisi pasar, maka produsen bisa melakukan analisis terhadap pesaing serta memprediksi produk secara tepat yang akan dilepaskan di pasaran. Dengan begini maka segmentasi pasar bisa berjalan dengan efektif jika bisa dilakukan secara luas, terjangkau, terukur dan mencakup  semua program yang sudah direncanakan oleh perusahaan.

Analisis kondisi pasar yang dilakukan juga akan membuat perusahaan bisa mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan secara spesifik dan bisa dipenuhi secara tepat oleh perusahaan. Selain itu, perusahaan juga bisa meningkatkan permintaan, penjualan dan laba yang dihasilkan.

4. Analisa Pesaing

Aspek pemasaran selanjutnya yaitu analisa pesaing. Analisa pesaing adalah salah satu hal yang sangat penting dalam aspek pemasaran terhadap suatu jasa, produk dan juga ide-ide yang dihasilkan. Pesaing sendiri merupakan suatu tandingan yang memproduksi produk yang hampir sama atau memiliki daya guna yang sangat mirip.

Tujuan dilakukannya analisa pesaing yaitu untuk mengetahui kekuatan maupun kelemahan suatu produk atau jasa sehingga bisa ditentukan strategi pemasaran yang tepat. Dalam melakukan analisa ini, perlu dilakukan identifikasi persaingan sasaran maupun strategi yang dilakukan oleh pihak pesaing, reaksi dan strategi yang dilakukan pesaing. 

Analisa pasar ini bisa juga dilakukan untuk memprediksi peta persaingan saat ini maupun persaingan di masa yang akan datang. Dengan begini maka bisa dilakukan inovasi yang tepat terhadap suatu produk atau jasa yang dihasilkan.

Baca Juga : Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

5. Strategi Promosi

Dalam bisnis, cara promosi penting untuk dilakukan. Promosi sendiri adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh produsen yang bertujuan untuk mengenalkan ke pasar suatu produk ataupun jasa yang dihasilkan. Kegiatan promosi yang dilakukan bisa membangun tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa tersebut.

Jika kepercayaan pelanggan akan suatu produk atau jasa meningkat maka bisa meningkatkan penjualan, laba, permintaan dan juga nilai dari produk tersebut. Beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah memberikan promo-promo khusus di bulan tertentu, permainan harga tertentu, promo pembelian ekstra dan sebagainya.

Supaya hasilnya lebih efektif, perusahaan bisa melakukan promosi melalui media cetak maupun media elektronik. Saat ini promosi dengan media elektronik banyak dipilih karena lebih mudah, jangkauannya lebih luas, lebih murah dan hasilnya lebih maksimal. 

Kelima aspek pemasaran dalam bisnis diatas wajib diketahui oleh siapa saja yang sedang membangun atau menjalankan suatu bisnis. Pasalnya aspek-aspek tersebut sangat berpengaruh pada penjualan suatu produk dan keuntungan yang didapatkan. Semakin produk dikenal maka penjualan akan meningkat dan perusahaan akan meraih kesuksesan. 

Itulah 5 aspek pemasaran dalam bisnis untuk meraih kesuksesan. Dalam hal ini berarti jika ingin meraih kesuksesan maka harus menerapkan kelima aspek diatas. Selain itu, penjualan bisa meningkat apabila kamu menggunakan Koala+. Koala+ juga akan membantu kamu mengembangkan bisnis yang dijalankan dengan cepat. Koala+ adalah partner bisnis resmi Facebook yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis yang dijalankan dengan cepat.

Dengan Koala+, kamu lebih mudah menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan menggunakan WhatsApp Business API. Fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Koala+ adalah Broadcast Message, Chatbot, kelola layanan pelanggan, manajemen transaksi, manajemen produk dan Live Customer Service. Tunggu apalagi, daftar Koala+ sekarang juga!