Ide THR untuk Pelanggan yang Menarik dan Bisa Dicoba

30 Maret 2023

Bingung cari ide THR untuk pelanggan? Jika iya, kamu bisa intip beberapa ide yang menarik disini. Hari lebaran sangat identik dengan yang namanya THR atau Tunjangan Hari Raya. Banyak pebisnis yang justru memanfaatkan momen ini untuk berbagai THR kepada pelanggan setianya. Tentu ada banyak sekali ide THR untuk pelanggan yang bisa digunakan. Untuk itu, simaklah berbagai ide THR untuk pelanggan di bawah ini.

Ide THR untuk Pelanggan

1. Saldo Internet

Pertama, kamu bisa memberikan hadiah berupa paket internet. Apalagi, internet sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Pastinya, sangat banyak yang membutuhkan ini.

Dengan memberikan kuota internet gratis pada pelanggan, bisa membuat mereka terhubung dengan siapapun. Mungkin saja, kebetulan paket kuota internetnya juga sedang habis pada hari lebaran tersebut.

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa dan Kuota dengan Modal Usaha yang Kecil

2. Voucher Belanja

Voucher belanja bisa kamu gunakan untuk pelanggan, baik itu traktiran belanja di toko atau toko lainnya. Apalagi, kebutuhan pelanggan pastinya tidak banyak. Sehingga, lebih baik menggunakan voucher belanja di toko berbeda.

Namun, apabila voucher hanya bisa digunakan untuk toko kamu sendiri tidak jadi masalah. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan. Dengan ramainya orang yang belanja, akan membuat orang lain juga ikut termotivasi belanja di tokomu.

3. Program Loyalty

Program loyalty adalah pemberian hadiah khusus kepada pelanggan setia yang sudah sering melakukan pembelian dengan jumlah tertentu di toko.

Program ini bisa dihadiahkan berbentuk koin yang bisa digunakan kembali untuk belanja berbagai produk di tokomu. Namun, tak menutup kemungkinan juga menggunakan sistem penukaran koin dengan menawarkan sejumlah hadiah menarik, seperti hp, motor, dan umroh.

4. Satu Paket Baju Lebaran

Satu paket baju lebaran yang juga bisa menjadi pilihan untuk pebisnis di luar sana yang sedang pusing memikirkan ide THR untuk pelanggannya.

Apabila bisnismu bergerak di bidang fashion muslim, tentu tidak perlu pusing lagi. Justru, produk ini bisa menjadi ide THR yang bagus untuk pelanggan. Minimal, kamu memberikan paket baju lebaran yang bisa dipakai untuk ayah, ibu, dan anaknya.

Baca Juga : Yuk, Ikuti Tahap Berikut Jika Ingin Buka Toko Baju Distro

5. Hampers Jajanan Lebaran

Hampers jajanan lebaran mungkin terdengar sangat lumrah sekali. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin memberikan ini.

Hampers jajanan lebaran bisa meramaikan hari lebaran di rumah pelanggan karena bisa disuguhkan pada setiap tamu yang datang ke rumah.

Pastikan saat membeli jajanan tersebut, masa expired masih lama. Bungkuslah dengan serapi mungkin atau juga bisa membeli hampers yang sudah jadi.

6. Layanan Pengiriman Gratis

Jika biasanya ada ongkos kirim, kamu bisa memberikan memberikan layanan pengiriman gratis kepada pelanggan saat hari lebaran.

Tentu saja tidak bisa diberikan secara cuma-cuma. Kamu juga harus membatasi berapa minimal pembelian yang dapat menikmati fasilitas ini dan berapa lama estimasi pengiriman.

7. Konsultasi Gratis

Apabila bisnismu bergerak di bidang jasa atau produk kecantikan, umumnya pelanggan membutuhkan konsultasi dulu sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Jika biasanya konsultasi dikenakan tarif, di momen lebaran ini kamu bisa memberikan konsultasi gratis kepada pelanggan.

8. Satu Set Mug Cantik

Meskipun kedengarannya sedikit aneh, tetapi satu set mug cantik ini sangat berguna sekali di hari lebaran nanti untuk menyajikan minuman kepada tamu yang datang bersilaturahmi.

Kamu bisa memilih berbagai mug cantik yang tersedia di pasaran. Harganya pun tidak terlalu mahal. Dengan gambar yang unik, dijamin pelanggan akan senang dan puas.

9. Parcel Buah

Parcel buah adalah alternatif ide THR untuk pelanggan yang juga bisa dimanfaatkan. Namun, karena buah tidak tahan lama, pastikan kamu mengirimnya di hari yang sama kepada pelanggan.

Sekarang, buah-buahan sudah dikemas dengan bingkisan atau parsel yang sangat cantik. Jadi, parsel buah tidak terbatas dipakai untuk mengunjungi orang sakit saja, tetapi juga bisa sebagai THR.

Baca Juga : 

10. Kain

Apabila sebelumnya ada paket baju lebaran, ide selanjutnya yakni berupa dasar kain. Pelanggan bisa bebas menentukan seperti apa model baju yang akan dibuatnya.

Tentu saja, pebisnis juga harus memperkirakan untuk berapa orang kah kain tersebut diberikan. Salah satu jenis kain yang direkomendasikan adalah kain batin.

11. Uang Kaget

Seperti namanya, uang kaget yang bisa kamu berikan kepada pelanggan secara tiba-tiba di hari lebaran nanti. Tak perlu ribet, sebab kamu hanya perlu menyiapkan uangnya saja.

Namun bukan uang tunai ya, kamu bisa top up ke dompet digitalnya atau justru meminta nomor rekening pelanggan terpilih dari bisnismu.

Kira-kira kamu bakal pakai ide THR untuk pelanggan yang mana nih? Apapun pilihannya, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget agar tidak terlalu rugi setelah bagi-bagi THR. Untuk mengoptimalkan THR untuk pelanggan, kamu harus cepat tanggap dan membalas pesan dari pelanggan lebih cepat. Seperti diketahui, banyak pelanggan yang ingin mendapatkan THR dari toko yang kamu kelola.

Berhubung akan memasuki bulan ramadhan, biasanya penjualan akan semakin ramai di bulan ini. Sehingga, kamu butuh tenaga ekstra untuk mengelola bisnis. Agar kamu tidak repot mengurus bisnis sendirian, gunakan Koala+. Koala+ memiliki fitur Chatbot yang siap membantumu untuk membalas chat dari pelanggan secara otomatis dan cepat.

Kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur Koala+ yang lain seperti Broadcast Message untuk promosi toko, kemudian fitur Manajemen Produk & Transaksi dan fitur Live Customer Service yang siap membantu bisnis lebih berkembang.