Ide Konten Ramadhan agar Interaksi dan Penjualan Meningkat

30 Maret 2023

Bulan puasa segera tiba, kamu harus segera mencari ide konten Ramadhan yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan menaikkan jumlah followers. Disarankan untuk membuat konten khusus yang relevan dengan bulan suci, manfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan membuat konten yang tepat sangatlah menguntungkan.

Para pegiat bisnis akan berlomba untuk melakukan promosi agar mendapatkan keuntungan maksimal saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kamu tidak boleh melewatkan momen ini begitu saja. Kira-kira apa ide konten Ramadhan yang menarik untuk digunakan? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

7 Ide Konten Ramadhan agar Interaksi dan Penjualan Meningkat

Jika kamu sedang mencari ide untuk konten Ramadhan, inilah beberapa ide konten yang bisa dijadikan referensi:

1. Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa

Ide konten yang pertama yaitu membuat konten yang berisi rekomendasi menu sahur dan buka puasa. Meskipun puasa Ramadhan dilakukan setiap tahunnya, tetapi masih ada banyak orang yang bingung memilih menu makanan untuk sahur dan buka puasa. Fakta ini bisa dimanfaatkan dengan memberikan rekomendasi menu makanan untuk sahur dan buka puasa.

Membuat konten yang relevan dengan bulan puasa seperti rekomendasi menu makanan untuk sahur dan buka puasa, bisa menarik audiens dalam jumlah banyak. Selain itu, jumlah followers di media sosial dan penjualan produk juga meningkat. Tentu hal ini akan menguntungkanmu.

2. Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Selanjutnya, kamu bisa membuat konten tentang tips dan cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Menjalankan ibadah puasa mengharuskan tubuh untuk tetap fit dan sehat agar puasanya lancar. Jika kondisi tubuhnya tidak fit maka puasa yang dijalankan akan sangat berat.

Maka dari itu, informasi mengenai tips menjaga kesehatan selama bulan puasa sangat dibutuhkan. Pasalnya tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan agar tetap fit dan sehat dalam menjalankan ibadah puasa.

3. Hiburan Menjelang Buka Puasa

Sebelum buka puasa tiba, banyak orang memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk hal-hal yang positif. Salah satunya dengan mencari konten hiburan yang menarik untuk ditonton. Ini bisa dijadikan ide untuk membuat konten yang isinya menyajikan rekomendasi hiburan-hiburan menarik yang bisa dinikmati menjelang buka puasa.

Misalnya rekomendasi film dan serial, acara tv, rekomendasi podcast dan beberapa channel Youtube yang bisa menghibur. Membuat konten dengan rekomendasi semacam itu akan membuat orang-orang tertarik dengan konten yang kamu buat karena memiliki bahan hiburan menarik dan seru untuk ngabuburit.

4. Rekomendasi Outfit untuk Lebaran

Ide konten Ramadhan yang ampuh adalah dengan memberikan rekomendasi outfit untuk Ramadhan. Seperti yang diketahui pada saat lebaran banyak yang senang mengenakan baju baru. Hal ini merupakan salah satu tradisi menarik Lebaran di Indonesia dan sebagai bentuk rasa syukur karena sudah melewati bulan Ramadhan dengan baik.

Akan tetapi, masih ada banyak orang yang bingung dalam memilih outfit yang tepat untuk lebaran. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi kamu untuk membuat konten berisi rekomendasi outfit untuk lebaran. Misalnya, kamu membuat rekomendasi gamis yang menarik, baju muslim, hijab menarik dan sebagainya.

Baca Juga : Rekomendasi Situs Gratis Membuat Logo Online Shop Fashion

5. Rekomendasi Kegiatan Ngabuburit

Supaya kamu tidak bosan menunggu waktu buka puasa, tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan ngabuburit. Hanya berdiam saja sambil menunggu buka puasa tentu akan terasa sangat lama. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan kegiatan ngabuburit. Kegiatan ngabuburit ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bisa mengalihkan pikiran.

Jadi, ide konten bulan puasa berikutnya yaitu membuat konten yang isinya rekomendasi berbagai kegiatan ngabuburit yang menarik. Contoh kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan adalah berburu takjil, memancing, menonton film, berkebun dan masih banyak lagi. Supaya konten yang dihasilkan lebih menarik, buatlah dalam bentuk video.

6. Rekomendasi Tempat untuk Buka Puasa

Bulan puasa sering dijadikan ajang untuk menjalin tali silaturahmi dengan keluarga, teman atau sahabat. Dimana pada momen ini akan diadakan acara buka bersama. Biasanya buka puasa akan diadakan di suatu tempat makan. Saking banyaknya tempat makan tentu akan bingung dalam menentukannya.

Supaya tidak salah pilih tempat, dibutuhkan rekomendasi tempat makan yang menarik sebagai tempat untuk buka puasa bersama. Memberikan rekomendasi tempat makan merupakan ide konten yang menarik. Akan tetapi, sebelum memberikan rekomendasi harus melakukan riset terlebih dahulu.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Makan Ramah Kantong di Jakarta

7. Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan lainnya yaitu dilipat gandakannya pahala. Hal ini membuat umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan amalan agar mendapatkan banyak pahala. Selain menjalankan puasa, ada banyak amalan-amalan atau ibadah di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan.

Perihal ini kamu bisa membuat konten terkait amalan-amalan di bulan puasa. Ide konten ini sangat cocok untuk audiens  karena banyak yang ingin mendapatkan informasinya. Adapun beberapa rekomendasi amalan yang bisa dilakukan adalah sedekah, sholat tahajud, sholat tarawih, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi beberapa ide konten Ramadhan agar interaksi dan penjualan meningkat. Membuat konten yang relevan dengan bulan Ramadhan sangatlah penting karena ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya meningkatkan interaksi dengan audiens  dan penjualan bisa meningkat.

Untuk meningkatkan penjualan, tidak hanya menggunakan konten tetapi juga bisa menggunakan Koala+. Dashboard Koala+ dilengkapi dengan fitur Live Costumer Service. Dengan fitur ini maka kamu bisa mendelegasikan tugas customer service (CS) kepada karyawan untuk melayani para pelanggan dengan cepat di berbagai channel.

Selain dilengkapi dengan fitur Live Customer Service, Koala+ juga memiliki banyak fitur-fitur canggih lainnya. Seperti fitur Broadcast Message, Chatbot dan manajemen Produk Transaksi.