Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service Untuk Pebisnis

3 Maret 2023

Dalam bisnis, kamu harus tahu bagaimana cara meningkatkan pelayanan customer service. Customer service adalah salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari perusahaan. Peran yang biasanya ditangani oleh call center yakni menjadi penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Bisnis online itu tidak harus ada tatap muka antara penjual dengan pembeli. Oleh karena itu, customer service yang baik merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Dengan adanya pelayanan yang baik, penjualan akan meningkat karena pelanggan merasa nyaman serta tentunya akan kembali berbelanja di toko online. Sebaliknya, jika kamu memberikan pelayanan yang buruk pada pelanggan, mereka akan tidak mau untuk berkunjung kembali.

Adanya layanan pelanggan yang baik menunjukkan jika perusahaan tidak hanya menjual barang-barang, akan tetapi juga berusaha untuk mengayomi semua kebutuhan serta kendala pelangganya. Peran customer service ini dibutuhkan oleh semua bisnis, baik kecil maupun besar. Hal ini karena, dalam setiap usaha pasti akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Apakah customer service kamu sudah baik? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara meningkatkan pelayanan customer service.

Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service

Untuk meningkatkan pelayanan kualitas pelayanan seorang customer service, terdapat beberapa cara yang dapat Kamu lakukan. Nah berikut ini beberapa cara yang bersifat teknis, serta juga ada yang berhubungan langsung dengan customer service, berikut ini adalah uraian penjelasannya.

1. Manfaatkan Media Sosial

Pada saat ini, sulit untuk menemukan orang yang tidak mempunyai akun media sosial. Mempunyai akun media sosial untuk toko online selain untuk sarana berpromosi, juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Pelanggan membutuhkan interaksi dengan perusahaan serta memutuskan untuk membeli atau tidak suatu produk berdasarkan kepedulian perusahaan.

Bangun interaksi yang baik dan serta berikan respon secepat mungkin di media sosial. Disebutkan jika 88% pelanggan akan malas untuk membeli dari toko atau perusahaan yang tidak menanggapi keluhan di media sosial. Siapkan kata-kata menarik untuk promosi di media sosial.

2. Kirimkan Barang Sesegera Mungkin

Apabila pelanggan telah mengkonfirmasi pembayaran, segera mungkin siapkan pengemasan barang dan jangan membuat pelanggan harus menunggu lama untuk mendapatkan barang yang di inginkan. Berikan alasan yang jelas dan jujur jika kamu terpaksa untuk menunda proses pengiriman. Barang yang di proses sangat lama tanpa adanya alasan yang jelas akan menjadikan pelanggan tidak berbelanja lagi di toko online.

3. Tawarkan Pengembalian yang Cepat dan Mudah

Saat berbelanja, tidak jarang jika barang yang dibeli dan datang ternyata tidak sesuai atau tidak cocok dengan harapan. Hal ini dapat terjadi jika pembeli tidak teliti terlebih dahulu sebelum membeli, atau terjadi teledor dari pihak penjual yang mengirimkan barang yang salah. Pembeli mungkin saja ingin menukar barang yang tidak sesuai dengan uang kembali atau barang lainnya.

Untuk mempermudah proses pengembalian tentunya kamu sudah harus meningkatkan tingkat kepuasan untuk pelanggan. Proses pengembalian yang lama serta berbelit-belit akan menjadikan pelanggan mudah meninggalkanmu.

Baca Juga : Cara Follow Up Customer Supaya Cepat Closing

4. Lakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Survei tentang kepuasan pelanggan dapat dilakukan setelah penjualan atau sesudah Kamu mengeluarkan produk baru. Feedback dari pelanggan akan memberikan informasi ke Kamu tentang mengenai apa saja kekurangan serta kelebihan produk atau pelayanan yang diberikan.

Selain itu, juga bagaimana membuat pelanggan merasa akan tetap puas sehingga dapat menjadi pelanggan yang setia. Hal ini juga dapat menjaga kepercayaan pelanggan pada brand yang Kamu miliki. 

5. Cari Solusi yang Tepat

Pelanggan yang mempunyai complain pastinya akan menginginkan suatu penyelesaian masalah. Komplain yang datang dari pelanggan biasanya ada karena pelanggan merasa dirugikan atau merasa tidak puas akan kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, kamu harus dapat memberikan solusi yang baik untuk pelanggan, agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan baik secara materil maupun non material.

6. Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan mungkin adalah salah satu kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, salah satu poin untuk meningkatkan pelayanan. Terkadang, ada pelanggan yang banyak bicaranya sebagian dari mereka hanya ingin untuk di dengarkan, maka dengarkan pelanggan tersebut dengan penuh perhatian supaya mereka dapat merasa dihargai serta diharapkan. Jika setelah pelanggan selesai menyampaikan keluhannya, coba untuk berikan tanggapan yang baik serta solusi yang tepat untuk menjawab keluhan mereka.

Baca Juga : Fungsi Customer Relationship Serta Tips Membangunnya

7. Mempunyai berbagai Saluran layanan Pelanggan

Untuk memberikan kemudahan pada pelanggan saat menghubungi layanan pelanggan yakni bentuk upaya untuk menciptakan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Selain itu, memberikan kecepatan saat memberikan respon pada pelanggan. Agent atau tim customer service harus diberikan kemudahan dalam respon pelanggan dari berbagai saluran dalam satu dasbor.

8. Service Level Agreement (SLA) Pelanggan Selalu Terpenuhi

Kaitannya masih dengan memberikan respon yang cepat serta pemecahan masalah yang cepat. Akan berujung pada kepuasan pelanggan, yang harus diperhatikan oleh pebisnis yakni SLA pelanggan. Jangan sampai melebihi target, karena SLA adalah perjanjian antara penyedia layanan dengan pelanggan jika terjadi gangguan. Untuk memonitor SLA, alangkah baiknya perusahaan menggunakan CRM yang dilengkapi dengan reminder ketika agent menangani gangguan. Akan tetapi tidak semua bisnis yang mewajibkan SLA ini.

Itulah cara meningkatkan pelayanan customer service yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan. Dengan begitu usaha semakin berkembang. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis terbaik yang memiliki fitur Live Customer Service seperti Koala+.

Koala+ adalah aplikasi yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, dengan keunggulan live customer service dan chat otomatis yang memudahkan proses transaksi online. Delegasikan tugas Customer Service kepada karyawan untuk melayani pelanggan dengan cepat di berbagai channel.

Tertarik mencoba? Daftar Koala+ sekarang juga!