Cara Promosi Makanan Di Instagram Yang Benar Dan Menguntungkan

1 Maret 2023

Punya usaha makanan tapi bingung promosinya? Jika iya, kamu bisa melakukan beberapa cara promosi makanan di IG yang mudah disini. Instagram menjadi platform media sosial yang populer di dunia. Ini bisa kamu manfaatkan untuk bisnis dengan melakukan promosi produk atau layanan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh bisnis untuk melakukan promosi di Instagram. Promosi di Instagram dinilai cukup efektif untuk menarik pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Berdasarkan survei instagram, 62% pengguna makin tertarik dengan suatu produk atau merek setelah melihatnya di stories Instagram. Maka dari itu, penting untuk menerapkan cara promosi di Instagram yang benar untuk toko online. Disini akan di bahas cara promosi makanan di instagram yang benar dan menguntungkan.

Cara Promosi Makanan di IG

Jika kamu membuat toko di instagram berjalan baik, kamu perlu untuk memaksimalkan promosi. Ini penting dilakukan karena banyak bisnis yang berjualan di toko instagram saling berebut pelanggan. Instagram ads bisa kamu coba untuk promosi makanan di IG dengan cara pasang iklan di instagram. Selain itu, masih banyak cara lainnya. Berikut ini cara promosi Instagram untuk mendatangkan keuntungan yang maksimal.

1. Beralih ke Akun Instagram Business API

Berbeda dengan akun personal, akun Instagram API mempunyai lebih banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha, termasuk juga melakukan promosi makanan. Menerapkan Instagram API di online shop, bisa membuat interaksi yang lebih efisien antara pelanggan dengan pemilik bisnis. Untuk cara membuat toko di Instagram API, kamu harus bermitra dengan provider Instagram API terbaik untuk bisnis.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja Whatsapp API untuk Usaha

2. Tarik Pelanggan dengan Bio yang Menarik

Bio instagram merupakan identitas yang harus di jual pada pelanggan supaya mereka dapat dengan mudah terhubung dengan Kamu. Buatlah bio yang padat, jelas, dan singkat dengan cara mengisi informasi yang dibutuhkan, misalnya nomor telepon yang dapat dihubungi untuk pemesanan atau tanya-tanya tentang produk, alamat toko dan juga alamat website jika ada.

Selain itu, kamu juga dapat memasukkan linktr.ee yang memuat semua link yang dapat menuju ke akun sosial media bisnis Kamu yang lainnya, misalnya Facebook dan Twitter. Bahkan juga link untuk menuju nomor WhatsApp juga dapat kamu masukkan ke akun linktree

3. Posting Konten yang Menarik

Pastikan konten dengan visual yang unik untuk supaya dapat menarik perhatian calon pembeli. Gunakan tema bahasan yang relevan dengan target pemasaran dan juga produknya. Selain itu, juga diperlukan konsistensi dari konten tersebut baik dari segi desain, gaya komunikasi, hingga jadwal untuk upload konten. Kamu dapat memanfaatkan tools Instagram untuk menghasilkan konten yang menarik.

4. Optimasi Menggunakan Hashtag

Kemudian, kamu dapat mempromosikan produk makanan dengan hashtag. Gunakan rekomendasi hashtag IG yang banyak like. Pastikan hashtag relevan dan perlu digunakan serta buat caption yang semenarik mungkin. Ini penting, hashtag sangat berpengaruh di dalam pemasaran bisnis online Kamu. Dengan penambahan hashtag akan memudahkan untuk pemasaran produk Kamu karena sebagian besar orang akan mencari lewat fitur hashtag.

5. Manfaatkan Trend

Trend dapat menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan makanan di Instagram. Sebuah trend dapat berupa sesuatu yang sederhana misalnya menggunakan fitur Instagram baru atau sesuatu yang menyenangkan misalnya melakukan tantangan viral terbaru, atau juga filantropis untuk mendukung perubahan sosial.

Mengeluarkan postingan yang berkualitas dan menarik tentang topik yang sedang trend kemungkinan akan membuat pengikutmu memposting ulang di jaringan mereka. Hal ini bisa memperluas jangkauan serta bisa memperkuat nilai inti merek. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang terkait.

Baca Juga : Ide Bisnis Makanan Kreatif yang Lagi Tren Saat Ini

6. Memberikan Giveaway

Manfaatkan giveaway untuk mempromosikan produk makananmu. Giveaway dianggap lebih efektif karena memungkinkan customer untuk mengenal serta mencoba produk dengan gratis. Customer yang merasa puas, tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order, bahkan juga akan mempromosikan makanan tanpa kamu minta. 

7. Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer banyak digunakan di dunia bisnis online pada saat ini. Cara pemasaran ini di klaim efektif untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan bisnis. Influencer bisa membantu bisnis untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli yang merupakan pengikut mereka di sosial media.

8. Promosi Silang Posting Instagram Kamu di Jaringan Lain

Upaya yang dapat dilakukan yaitu mengambil foto yang sempurna serta membuat teks yang cerdas bukan sesuatu yang harus di sia-siakan. Memposting silang konten kamu ke platform media sosial lain merupakan hal yang mudah untuk memperoleh lebih banyak ROI di Instagram. Seperti, kamu bisa mempromosikan konten makanan di Instagram, Facebook dan Twitter agar jangkauan konten maksimal.

9. Posting dengan Teratur di Instagram Stories

Instagram stories seperti album kecil untuk bisnis yang bisa berisi video, gambar, stiker, jajak pendapat, dan juga masih banyak lagi. Konten diperbarui setiap 24 jam, jadi ini merupakan tempat yang tepat untuk menampilkan konten-konten yang lebih menarik serta transparan yang dapat membantu kamu untuk membuat bisnis menjadi menarik.

Pengguna akan menyukai Instagram Stories, jadi menggunakan fitur ini dengan teratur merupakan cara ampuh untuk mempromosikan makanan. Kamu juga bisa menggunakan Instagram Stories dengan berbagai cara.

Itulah beberapa cara promosi makanan di IG yang menguntungkan. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, pilihlah yang sesuai dengan jenis bisnis, sehingga pembeli akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa sebar promo dengan cepat menggunakan fitur pesan broadcast WhatsApp Business API dan pesan otomatis seperti chatbot. Selain itu, ada fitur Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service. Tunggu apalagi, yuk daftar dan download aplikasi Koala+ di Google Play Store dan App Store.