Cara Menaikkan Followers IG Organik Agar Usaha Untung

25 Februari 2023

Sudah tahu cara menaikkan followers IG secara organik? Jika belum, kamu perlu tahu bagaimana caranya. Informasi ini penting untuk diketahui, terutama jika kamu menggunakan IG untuk menjalankan bisnis.

Semakin banyak followers IG yang dimiliki maka akan sangat mempengaruhi jumlah keuntungan yang didapatkan. Berikut ini beberapa cara menaikkan followers IG organik agar usaha untung.

9 Cara Menaikkan Followers IG Organik Agar Usaha Untung

1. Melengkapi Profil

Pertama, lengkapi profil Instagram-mu selengkap mungkin agar lebih menarik. Tidak hanya menuliskan nama profil saja, tetapi juga perlu menambahkan beberapa informasi lainnya seperti beberapa website pribadi.

Melengkapi profil IG sangatlah penting untuk menyajikan first impression akun lainnya. Selain itu, juga bisa melakukan penulisan bio Instagram singkat sesuai dengan style yang disukai. Dengan begini maka profil menjadi lebih menarik sehingga bisa meningkatkan followers.

Baca Juga : Tips dan Contoh Bio Instagram Olshop Pakaian untuk Bisnis!

2. Jangan Memprivate Akun

Jika Instagram dijadikan sebagai tempat untuk menjalankan bisnis, alangkah lebih baik untuk tidak memprivate akun. Membuka akun Instagram menjadi publik membuat semua orang bisa melihat postingan di feed, reels dan story yang kamu buat dengan bebas.

Dengan begini maka orang lain bisa melihat produk-produk yang kamu jual. Selain itu, IG dengan mode publik lebih menarik untuk dilihat. Cara ini bisa kamu terapkan jika ingin meraup banyak keuntungan.

3. Membuat Konten yang Berkualitas

Selain kedua cara tersebut, kamu juga bisa menaikkan followers IG dengan membuat konten sosmed yang menarik dan berkualitas. Semakin menarik konten yang dibuat maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan mem-follow akun IG-mu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuat konten-konten yang berkualitas dan menarik.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas video atau foto yang akan di posting. Supaya lebih menarik lagi, tambahkan juga caption yang menarik. Misalnya dengan menggunakan kalimat tanya, menambahkan emoji, menggunakan quote dan menambahkan hastag yang relevan. 

4. Follow Akun Milik Orang Terkenal

Cara selanjutnya yaitu dengan mem-follow akun-akun instagram milik orang terkenal, seperti influencer, artis, youtuber, selebgram atau tokoh politik. Kamu bisa memilih akun-akun orang terkenal dengan jumlah followers lebih dari 10 ribu. Dalam sekali follow bisa mem-follow hingga 15 akun sekaligus.

Follow juga akun yang direkomendasikan Instagram setelah membuka satu akun milik orang terkenal. Setelah itu, kamu akan mendapatkan banyak notifikasi dari followers baru. Kamu tidak perlu follow back semua akun yang follow. Pilihlah akun yang sesuai dengan kriteria saja. Lakukan unfollow untuk akun-akun palsu atau yang tidak meyakinkan.

5. Posting Konten di Waktu Tertentu

Jangan sampai sudah capek-capek membuat konten berkualitas tetapi mempostingnya di waktu yang tidak tepat. Waktu posting konten itu ternyata sangat mempengaruhi jumlah orang yang melihat postingan tersebut. Ada beberapa waktu yang dianggap efektif untuk posting konten di Instagram.

Adapun waktu terbaik posting Instagram adalah pukul 08.00-09.00, 12.000 dana 19.00-20.00. Diantara ketiga waktu tersebut, malam hari menjadi waktu yang paling tepat. Alasannya karena waktu tersebut rata-rata pengguna IG sudah selesai melakukan aktivitas dan memiliki waktu untuk membuka akun IG-nya.

6. Menggunakan Hashtag Unik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan jumlah followers IG, salah satunya dengan menggunakan hashtag yang unik an menarik. Postingan konten yang disertai dengan hashtag bisa meningkatkan jumlah like dan comment dari pengguna lainnya.

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah followers sehingga perlu menambahkan beberapa hashtag di setiap konten yang di posting. Batas maksimal hashtag yang digunakan sebanyak 30. Meski begitu, gunakan hastag yang populer, relevan dan sesuai dengan audience yang dituju.

Baca Juga : Rekomendasi Hashtag IG Banyak Like yang Bisa Digunakan

7. Merapikan Feed

Feed Instagram yang rapi dan tertata tentu lebih nyaman untuk dipandang dibandingkan dengan feed yang isinya asal posting saja. Tampilan feed yang rapi ternyata bisa mendatangkan lebih banyak followers.

Supaya tampilannya lebih menarik, kamu bisa menggunakan tone yang senada di setiap konten yang di posting, baik itu foto maupun video. Selain itu, kamu juga bisa mengatur postingan yang membentuk pola, seperti grid atau puzzle. Tujuannya supaya tampilan feed lebih cantik dan estetik.

8. Selalu Membalas Komentar

Setiap konten yang kamu buat biasanya ada pengguna lain yang berkomentar. Sebagai bentuk apresiasi dari komentar tersebut, kamu bisa memberikan balasan komentar yang mereka tinggalkan. Membalas komentar pengguna lain di postingan-mu berarti kamu sedang membangun hubungan dengan mereka.

Akun-akun lain yang melihat komentar dan balasan komentar tersebut menjadi lebih tertarik. Jika belum menjadi followers, maka akan memfollow akun kamu. Dengan begini maka produk yang kamu tawarkan melalui konten akan lebih banyak dilihat orang lain. Peluang untuk mendapatkan konsumen baru semakin meningkat.

9. Melakukan Analisis Terhadap Konten yang Paling Diminati

Untuk memperkenalkan produk yang kamu jual maka harus rajin membuat konten berupa video atau foto. Konten-konten yang dibuat nantinya akan di posting di feed Instagram. Setelah beberapa konten berhasil di posting, kamu perlu untuk melakukan analisis. Tujuannya untuk melihat konten mana yang paling banyak mendapatkan like ataupun komentar.

Setelah itu, perhatikan unsur apa yang menarik dari konten tersebut. Apakah dari fotonya, videonya atau captionnya. Hal ini bisa dijadikan acuan dalam membuat konten selanjutnya agar lebih menarik dan menambah jumlah followers.

Itulah beberapa cara menaikkan followers IG organik agar usaha untung. Untuk meningkatkan penjualan produk, kamu juga bisa menggunakan Koala+. Kenapa harus Koala+? Karena aplikasi ini memiliki fitur Manajemen Produk & Transaksi.

Fitur Manajemen produk & Transaksi bisa membantu kamu untuk mengelola produk, transaksi dan juga membuat website jualan yang terintegrasi dengan aplikasi Koala+. Selain itu, aplikasi juga bisa mempermudah kamu untuk mengelola toko online yang dimiliki.