Cara Membuat Toko Online di Instagram dan Manfaatnya

25 Februari 2023

Bagi kamu yang ingin jualan online, beberapa cara membuat toko di IG berikut ini bisa dipelajari dengan mudah. Sekarang ini jualan online bisa dilakukan di berbagai media sosial, salah satunya instagram. Di instagram, kamu bisa membuat toko online yang dapat ditautkan secara langsung ke akun WhatsApp bisnis, akun marketplace dan sebagainya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak langkah-langkah membuat toko online di Instagram dibawah ini.

Cara Membuat Toko di IG

Sebelum memutuskan untuk berjualan dan membuat toko online di Instagram (Instagram Shopping), kamu harus memahami segala hal terkait media sosial Instagram termasuk istilah-istilahnya. Paling tidak, kamu sudah mempunyai akun Instagram pribadi dan sedikit banyak telah mengerti fitur apa saja yang ada di dalam Instagram. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membuat toko online dan menggunakan Instagram sebagai tempat promosi jualan.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Website Toko Online Gratis bagi Pemula

1. Miliki Akun Instagram dan Penuhi Syarat Instagram Shopping

Syarat pertama agar kamu bisa membuat toko online di Instagram adalah memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Selain itu, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang wajib untuk dipenuhi agar bisa membuat Instagram shopping. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Bisnis mencakup daerah yang didukung oleh fitur toko online Instagram.
  • Produk yang dijual memenuhi syarat Instagram Shopping.
  • Bisnis yang dilakukan harus mematuhi persyaratan dengan Instagram dan kebijakan perdagangannya.
  • Memiliki website bisnis yang akan dihubungkan dengan toko online tersebut.

 

2. Mengaktifkan Instagram Bisnis

Setelah memiliki akun Instagram dan memiliki website jualan, kamu juga harus mengaktifkan akun Instagram menjadi Instagram bisnis. Hal ini wajib dilakukan agar bisa membuka toko online. Adapun langkah-langkah mengaktifkan Instagram bisnis sebagai berikut.

  • Silahkan buka profil akun Instagram yang akan dijadikan akun Instagram bisnis.
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan dan klik opsi “setting”.
  • Click pilihan “business”.
  • Selanjutnya, silakan klik pilihan “sign up for business”.
  • Terakhir, silakan pilih “Accept Term” yang menandakan kamu sudah menyetujui perjanjian di akun bisnis tersebut.
  • Dengan begitu, akun instagram kamu telah berubah menjadi akun bisnis setelah dilakukan peninjauan selama beberapa hari.

 

3. Membuat Katalog Produk di Toko Online Instagram

Setelah mempunyai akun Instagram bisnis dan terdaftar di Instagram Shopping, kamu bisa membuat katalog dan mulai mengupload produk di Instagram Shopping. Cara tersebut dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Silakan masuk ke Instagram dan klik menu “Instagram Shopping”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Katalog”.
  • Berikutnya, pilih beberapa foto sekaligus untuk kamu masukkan dalam katalog produk tersebut.
  • Selanjutnya, upload foto dan pilih tag produk.
  • Beri keterangan dan masukkan harga untuk masing-masing produk yang ingin dimasukkan ke dalam katalog toko online Instagram.

 

Baca Juga : Cara Membuat Website Toko Online untuk Usaha Kecil

Manfaat Toko Online di Instagram

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat memiliki toko online di instagram. Salah satu manfaatnya adalah penjualan yang semakin meningkat. Selain itu, semakin banyak orang yang mengetahui produk yang kamu jual. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

1. Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan toko online di Instagram, penjualan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Kenapa? Karena banyak follower Instagram yang akan mengunjungi dan melihat produk yang kamu jual di toko online tersebut. Bisa jadi mereka tertarik dan akan langsung membeli produknya melalui Instagram.

Di samping itu, semua produk yang dipasarkan di Instagram Shopping juga sudah termasuk dengan harganya. Ini akan menambah minat dari calon pembeli karena mereka sudah mengetahui harga secara jelas dan tidak perlu bertanya ke admin. Tampilan toko online di instagram yang minimalis dan user friendly juga memudahkan konsumen untuk membeli produk.

2. Memudahkan Konsumen dalam Membeli Produk

Membeli produk di toko online Instagram sangat mudah dan cepat. Sebab, kamu tidak perlu membuka kembali marketplace atau website dari toko tersebut. Kamu hanya tinggal mengklik gambar produk, melihat spesifikasinya, melihat harganya, dan menentukan apakah jadi atau tidak membeli produknya.

Bagi konsumen yang tertarik dan memutuskan membeli produk, tinggal memasukkannya dalam keranjang dan membelinya saja. Kemudian melakukan pembayaran secara online dan nantinya produk akan dikirimkan ke alamat konsumen.

3. Membuat Jaringan Bisnis Menjadi Lebih Luas

Semua orang di seluruh dunia bisa menggunakan Instagram dan pastinya mereka bisa melihat toko online yang kamu buat. Ini merupakan kesempatan emas bagi untuk mengembangkan bisnis dengan jaringan konsumen yang lebih luas. Tambah follower dan buat akun Instagram serta toko online yang menarik, unik, dan berbeda dari yang lainnya.

Jika ingin jaringan toko online di Instagram menjadi lebih luas lagi, maka gunakan sponsor atau iklan di Instagram. Nantinya toko produk kamu bisa muncul di beranda orang lain sehingga jika mereka berminat, mereka bisa mengikuti akun dan membeli produknya.

Itulah langkah-langkah cara membuat toko di IG lengkap dengan beragam manfaatnya. Dengan mengikut cara-cara diatas, kamu bisa mengembangkan usaha lebih besar lagi. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+.

Aplikasi Koala+ menyediakan fitur website jualan dengan katalog yang menarik. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu isi nama toko saja lalu tambahkan produk jualanmu. Selain itu, ada fitur pengelola chat yang canggih cocok untuk para pelaku bisnis. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar Koala+ sekarang juga !