Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

23 Februari 2023

Akun WA tidak bisa dibuka? Jika iya, kamu harus mengetahui penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Banyak pengguna WhatsApp yang mengalami masalah yang sama yaitu WA tidak dibuka. Bagi pemilik bisnis tentu ini sangat merugikan karena banyak chat dari client atau customer yang tidak terbaca dan tidak dibalas.

Dalam kondisi aplikasi tidak bisa dibuka, pengguna tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan otomatis. Baik pesan penting maupun tidak penting tidak bisa dibuka. Meski begitu, jangan panik karena ada beberapa cara mengatasinya. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui penyebabnya agar tidak terulang. Simak dibawah ini.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

1. Aplikasi Belum Diperbarui

Para pengguna aplikasi WhatsApp pasti sering menerima notifikasi yang isinya untuk melakukan pembaharuan whatsapp. Notifikasi ini sering kali diabaikan padahal pembaharuan whatsapp penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja sistem dari bugs pada aplikasi WA.

2. Faktor Sistem Operasi Smartphone

Pihak WhatsApp mensyaratkan spesifikasi tertentu supaya aplikasi bisa berjalan dengan maksimal. Jika ponsel yang digunakan tidak memenuhi spesifikasi yang ditentukan biasanya WA tidak bisa dibuka.

Pastikan smartphone yang digunakan sudah memiliki sistem operasi yang memungkinkan untuk mengoperasikan WhatsApp. Disarankan untuk menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android 4.0 dan iOS 8 agar bisa menggunakan WA dengan lancar.

3. Cache yang Menumpuk

Penyebab Whatsapp tidak bisa dibuka biasanya dari cache WhatsApp yang menumpuk. Masalah ini seringkali tidak diketahui atau disadari oleh penggunanya. Sebagai pengguna Whatsapp seharinya rutin membersihkan cache karena cache pada WA akan memakan kapasitas daya simpan smartphone.

4. Masalah pada Smartphone

Saat sedang asyik membuka Whatsapp tetapi tiba-tiba WA berhenti secara mendadak bisa jadi itu karena smartphone yang error. Kondisi ini seringkali terjadi karena smartphone sedang mengalami masalah lagging. Penyebab lagging yaitu spesifikasi HP yang digunakan sudah tidak mampu menahan banyaknya aplikasi bersamaan ketika kamu sedang membuka WA. 

5. Masalah Jaringan Internet

Salah satu penyebab WA tidak bisa dibuka adalah karena masalah jaringan internet. Seperti yang diketahui jika aplikasi WhatsApp bisa digunakan apabila ponsel terhubung dengan jaringan internet. Jika tidak terhubung maka aplikasi tidak bisa digunakan. Agar tidak terjadi sebaiknya selalu memperhatikan jaringan internet yang digunakan.

Apabila kamu tetap tidak bisa membuka WA karena jaringan internet yang buruk, disarankan untuk mencoba jaringan internet 4G atau jaringan WiFi.

Baca Juga : Penyebab Broadcast Whatsapp Tidak Terkirim dan Cara Mengatasi

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui berbagai penyebab WA tidak bisa dibuka, selanjutnya akan dijelaskan tentang cara untuk mengatasinya. Kira-kira apa saja caranya? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Perbarui Sistem Operasi ke Versi Terbaru

Baik itu Android maupun iOS biasanya akan memberikan pembaharuan sistem operasi secara rutin. Versi OS smartphone yang tidak diperbarui padahal sudah kadaluarsa maka akan menyebabkan masalah pada penggunanya.

Sistem operasi lawas biasanya tidak mendukung pembaharuan aplikasi. Untuk mengetahui apakah sudah tersedia sistem operasi versi terbaru, kamu bisa cek melalui Pengaturan >> Pembaruan perangkat lunak.

2. Upgrade Aplikasi Whatsapp ke Versi Terbaru

Aplikasi WhatsApp harus diperbarui secara rutin. Ini bertujuan agar fitur-fitur terbaru pada aplikasi bisa digunakan atau memperbaiki bugs. Jika aplikasi yang digunakan sudah melewati batas kadaluarsa maka aplikasi WA menjadi tidak bisa digunakan.

3. Hapus File Cache Whatsapp

Cache adalah data sementara yang disimpan untuk mempercepat proses pengolahan saat membuka aplikasi. Akan tetapi, jumlah file cache yang terlalu banyak dan menumpuk harus dihapus. Jika tidak dihapus akan menimbulkan beberapa masalah baru seperti HP menjadi lemot dan memakan banyak ruang sehingga aplikasi tidak bisa berjalan lancar.

Cara menghapus cache sangatlah mudah sehingga tidak ada alasan untuk malas menghapusnya. Menghapus cache menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah WA tidak bisa dibuka. Berikut langkah-langkah menghapus cache:

  • Pertama, kamu harus membuka menu pengaturan lalu buka aplikasi.
  • Pilih WhatsApp untuk memunculkan menu hapus cache.
  • Klik dan tunggu prosesnya sampai selesai.

 

Baca Juga : Cara Memindahkan Whatsapp ke HP Baru yang Mudah dan Cepat

4. Restart Smartphone

Dalam satu smartphone biasanya terdapat beberapa aplikasi. Dimana terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar bisa menyebabkan terjadinya crash sehingga berujung error. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah yaitu nonaktifkan smartphone terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat lalu nyalakan ulang smartphone.

5. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara terakhir adalah instal ulang aplikasi WhatsApp. Dengan kata lain, kamu harus menghapus data pada Whatsapp. Namun, Apabila kamu sudah mengaktifkan pengaturan backup WhatsApp atau pencadangan rutin data yang ada bisa dikembalikan setelah berhasil masuk ke aplikasi WA.

Buka menu pengaturan > aplikasi >Whatsapp > hapus instalasi. Setelah berhasil terhapus, matikan ponsel terlebih dahulu lalu hidupkan kembali. Jika smartphone sudah menyala bisa memasang ulang aplikasi WhatsApp.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Apabila Whatsapp yang kamu gunakan mengalami masalah ini, segera diatasi agar bisa digunakan kembali. Jika terlalu lama dibiarkan bisa merugikan, terutama jika WA digunakan untuk menjalankan bisnis. Untuk memaksimalkan WhatsApp untuk bisnis, kamu perlu menggunakan aplikasi bisnis yang sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+.

Koala+ dilengkapi dengan fitur Whatsapp Business API. Dimana fitur tersebut memiliki keunggulan berupa pengelolaan chat terbaik yang memudahkan proses transaksi online, seperti broadcast message, chatbot dan live customer service dalam satu dashboard Koala+. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar Koala+ sekarang juga !