Penyebab dan Cara Mengatasi WA Error untuk Pemula

23 Februari 2023

WhatsApp sering error? Jika iya, kamu harus mengetahui penyebab wa error serta cara mengatasinya. Seperti diketahui, whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang memiliki pengguna terbanyak di dunia khususnya Indonesia. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Whatsapp atau WA juga tidak lepas dari error bahkan bisa saja WA diblokir. Penyebabnya bermacam-macam bisa dari smartphone yang digunakan hingga bug aplikasi. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penyebab dan cara mengatasi WA error dibawah ini.

Penyebab Aplikasi WA Error dan Cara Mengatasi

Masalah yang biasanya muncul pada aplikasi Whatsapp cukup beragam dan tidak hanya terjadi satu atau dua kali saja. Bahkan terkadang karena error pada WA bisa membuat smartphone ikut terdampak dari masalah pada satu aplikasi chatting ini. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi WA error yang perlu diketahui.

1. Bug Aplikasi

Masalah yang pertama adalah aplikasi Whatsapp yang tidak dapat dibuka atau dijalankan. Penyebab dari hal tersebut adalah bug pada aplikasi yang membuat WA jadi mengalami force close hingga tidak dapat menerima pesan maupun telepon.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan restart HP. Restart dapat dilakukan dengan tombol shut down setelah tombol power ditekan lama. Tunggu beberapa saat sampai HP mati dan menyala kembali. Jika sudah coba buka kembali aplikasi WA kamu.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Error yang kedua adalah ketika WA tidak bisa menerima maupun mengirim pesan dan panggilan. Meski sudah terhubung dengan data internet atau WiFi, bisa saja ada masalah pada koneksi internetnya sehingga terjadi masalah pada pengiriman atau penerimaan pesan WA.

Untuk mengatasinya cobalah untuk melakukan cek paket data internet sesuai dengan provider yang digunakan. Selain itu bisa juga dengan cara menyambungkan kembali paket data internet atau WiFi setelah beberapa detik dinonaktifkan.

Bagi pengguna WiFi, coba matikan dulu lalu aktifkan jaringan seluler. Jika pesan WA bisa terkirim dan diterima dengan lancar artinya WiFi yang bermasalah. Jaringan internet yang lemah atau kurang kuat memang biasanya membuat WA error dalam mengirim dan menerima pesan otomatis baik itu berupa chat, gambar, stiker, voice note, dan panggilan telepon atau video.

3. Membuka Berbagai Aplikasi Bersamaan

Penyebab selanjutnya adalah banyak aplikasi yang dibuka bersamaan. Ini menyebabkan RAM yang terpakai cukup banyak apabila aplikasi yang dibuka kinerjanya berat. Akibatnya aplikasi tidak berjalan dengan baik khususnya untuk WA. Fungsi dan fitur pada aplikasi Whatsapp tidak bisa dijalankan. Hal ini dapat diatasi dengan menutup aplikasi lain atau melakukan restart pada aplikasi WA pada background.

Cara melakukan restart pada background biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol sebelah kiri pada panel agak lama atau menggeser layar homescreen ke arah bawah. Nanti akan terlihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Hapus semuanya dan mulai lagi membuka WA dan aplikasi siap digunakan dengan normal.

Baca Juga : Cara Membuat 2 Akun WA dengan 2 Nomor Anti Blokir

4. Whatsapp Belum Update

Whatsapp yang bermasalah juga biasanya ditandai dengan munculnya expiration pop up yang isinya This Version of Whatsapp has expired. Dimana artinya aplikasi WA kamu harus diupdate melalui Google Play atau Apple Store. Ini akan terjadi pada smartphone yang tidak melakukan update otomatis pada aplikasi.

Cara mengatasinya sangat mudah, cukup dengan membuka Google Play atau Apple Play lalu cari aplikasi WA dan ketuk update. Tunggu hingga proses selesai dan aplikasi chat tersebut siap digunakan kembali dengan lancar.

5. Cache WhatsApp Penuh

Lemot menjadi salah satu masalah pada aplikasi Whatsapp yang cukup menyebalkan. Di saat sedang sangat dibutuhkan namun ada beragam masalah muncul mulai pesan yang tidak bisa masuk atau terkirim, force close, gambar dan media lain tidak dapat diunduh, dan lain sebagainya.

Masalah tersebut biasanya bisa terjadi karena cache aplikasi WA kamu perlu dibersihkan. Caranya adalah dengan masuk pada pengaturan aplikasi dan mengetuk pada menu cache dan pilih clear cache.

6. WA Tidak Lagi Support

Pada beberapa jenis perangkat terkadang ada yang tidak bisa menggunakan Whatsapp karena tidak support lagi dengan aplikasi chat tersebut. WA terus mengalami pembaruan sehingga pada perangkat yang masih menggunakan OS jadul tidak akan bisa menjalankan aplikasi WA pada smartphone yang dimiliki.

Untuk bisa menggunakan WA lagi yang perlu dilakukan adalah melakukan update pada sistem operasi pada smartphone yang digunakan. Caranya dengan masuk pada menu pengaturan atau setting lalu klik Sistem dan pilih update system. Jika masih tidak berhasil artinya masalah ada pada seri sistem operasi dimana solusinya tinggal satu yaitu membeli smartphone dengan OS terbaru.

Baca Juga : Cara Memindahkan Whatsapp ke HP Baru yang Mudah dan Cepat

7. Aplikasi WA Rusak

Ketika WA kamu tidak bisa berjalan dengan baik mulai dari lemot, pesan tidak terkirim, media tidak dapat diunduh, status tidak dapat dibuat, dan lain sebagainya ada satu cara ampuh yang dapat mengatasi yaitu melakukan instal ulang. Cara ini bisa dilakukan ketika sudah mencoba segala macam cara di atas namun tidak ada yang dapat membantu. Bisa jadi, aplikasi WA memang sudah rusak atau ada komponen yang terhapus. Jadi, mau tidak mau aplikasi WA harus diinstal ulang dan jangan lupa lakukan backup WhatsApp.

Biasanya dengan melakukan instal ulang WA masalah atau error pada aplikasi chat ini bisa hilang. Pastikan untuk melakukan pencadangan dulu agar data kamu tidak hilang ketika akan melakukan instal ulang.

Itulah penjelasan mengenai penyebab wa error dan cara mengatasinya. WhatsApp yang error harus segera diatasi karena aplikasi ini sangat penting bisnis. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan menggunakan aplikasi bisnis seperti Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.

Dengan Koala+, kamu bisa mengelola chat pelanggan dengan baik. Otomatis penjualan usaha kamu bisa naik secara signifikan dan semua chat dari pelanggan akan direspon otomatis dan cepat. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!