Ciri WA di Blokir Sementara dan Cara Mengatasinya

20 Juni 2023

Sudah tahu ciri WA di blokir sementara? Jika belum, yuk pelajari disini. Akun WhatsApp diblokir sementara menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna aplikasi ini. Ketika akun WA diblokir, beberapa pengguna belum menyadari tetapi sudah menemukan hal-hal aneh pada akun WA yang dimiliki. Berikut ini beberapa ciri WA diblokir sementara dan cara mengatasinya.

Penyebab WA diblokir Sementara

Ada beberapa penyebab akun WA diblokir sementara, antara lain:

1. Aplikasi WA Ilegal

Penyebab pertama WA diblokir sementara adalah aplikasi WA yang digunakan ilegal atau tidak resmi. Aplikasi WA seperti itu bisa dijumpai dengan mudah karena jumlahnya cukup banyak. Seperti FMWhatsApp, WA Plus, WA Aero, WA GB, WA Yo dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi yang disebutkan diatas merupakan aplikasi modifikasi atau tiruan dari WA asli. Biasanya aplikasi WA ilegal tersedia dalam format APK dan bukan berasal dari toko aplikasi resmi. Jika kamu menggunakan aplikasi ilegal maka harus siap kapan saja akun WA akan diblokir oleh pihak WA.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Aplikasi WA Ganda untuk Bisnis

2. Dianggap Melakukan Spam

Akun WA-mu bisa diblokir kapan saja jika dianggap melakukan spam chat, melakukan penipuan ataupun aktivitas lainnya yang membahayakan kemana pengguna WA lainnya. Biasanya untuk masalah ini pesan peringatan yang ditampilkan di aplikasi akan berbeda.

Jika akun wa-mu dianggap melakukan spam maka akan muncul pesan berisi “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Permasalahan ini tidak hanya bisa menyerang akun WA mod saja tetapi juga aplikasi WA resmi yang disalahgunakan.

Ciri WA diblokir Sementara

Berikut ciri-ciri akun WA-mu diblokir sementara:

1. Tidak Bisa Melihat Foto Profil

Akun WA yang diblokir, maka tidak bisa melihat  foto profil pengguna lainnya dan juga tidak akan bisa diperbarui lagi. Hal ini berarti kamu tidak lagi bisa melihat gambar profil terbaru setiap kontak WA-mu memperbarui foto profilnya.

Ini tentu saja berbeda jika akun WA tidak diblokir. Pasalnya kamu bisa melihat foto profil kontak WA-mu. Akan tetapi, tidak adanya foto profil tidak selalu menjadi ciri orang lain memblokir WA-mu. Ada juga pengguna WA yang tidak menggunakan foto profil sehingga hanya terlihat avatar bawaan dari WA yang terlihat.

2. Pesan Terkirim Hanya Centang Satu

Ciri WA diblokir selanjutnya yaitu pesan terkirim hanya centang satu dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika kamu mengalami hal ini kemungkinan besar akun WA diblokir. Pesan yang berhasil terkirim ke penerima akan menunjukkan centang dua ataupun centang biru di chat room WA.

Setiap pesan yang dikirim ke nomor kontak yang diblokir maka akan selalu menunjukkan centang satu. Dimana centang satu tersebut tidak akan berubah menjadi centang dua meski fitur blokir sudah dibuka.

3. Panggilan Telepon Tidak Terhubung

Akun WA yang diblokir berarti kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon ke kontak WA yang dimiliki. Supaya lebih yakin, kamu bisa mencoba telepon salah satu nomor WA milik orang lain. Jika panggilan telepon tidak terhubung atau langsung terputus. Bisa jadi akun WA benar-benar diblokir.

4. Tidak Bisa Membuat Grup WA

Ciri WA diblokir sementara yaitu kamu tidak bisa membuat grup WhatsApp. Akun WA yang diblokir berarti kamu tidak akan bisa mengirimkan undangan ke nomor kontak yang memblokirmu.

Baca Juga : Cara Chat WA tanpa Save Nomor dan Kegunaannya dalam Bisnis

5. Last Seen atau Terakhir Dilihat Tidak Muncul

Last seen merupakan status dimana atau kapan terakhir seseorang menggunakan aplikasi WA. Jika statusnya sedang online berarti kontak tersebut sedang membuka WA dan terhubung dengan jaringan internet. Last seen yang tidak muncul tidak berarti akun WA.mu blokir.

Pasalnya ada pengguna WA yang melakukan pengaturan privasi dengan mengatur siapa saja yang bisa melihat status tersebut. Untuk mengetahui akun diblokir atau tidak, kamu bisa meminta tolong teman untuk mengeceknya. Jika teman bisa melihat status tersebut berarti akun WA-mu sudah diblokir.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Dilansir dari situs pusat bantuan WhatsApp, akun WA yang terblokir akan ada pesan pemberitahuan tentang berapa lama akun tersebut bisa diakses kembali, biasanya 24 jam sampai 48 jam. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan akun yang diblokir adalah dengan melakukan uninstall WA ilegal lalu unduh WhatsApp resmi.

Sebelum menghapus aplikasi WA ilegal, data harus sudah “dicadangkan” atau di-back up lebih dahulu di memori telepon atau Google drive. Berikut cara mencadangkan chat WA:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih “Opsi Lainnya”.
  • Klik “Setelan” lalu klik “Chat”.
  • Lanjutkan dengan klik “Cadangan chat” lalu “CADANGKAN”.

Selain menggunakan cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan fitur ekspor chat. Fitur ini bisa digunakan untuk mengekspor salinan riwayat chat dari chat grup maupun individu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka chat individu ataupun grup.
  • Pilih “Opsi Lainnya”.
  • Pilih “Ekspor Chat”.
  • Pilih “apakah Anda ingin mengekspor beserta media atau tidak”.
  • Nantinya file akan dikirim melalui alamat email-mu dengan format .txt.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengatasi akun WA yang diblokir dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi WA resmi di Google Play Store ataupun App Store.
  2. Masukkan nomor telepon.
  3. Pada saat akun WA diblokir, akan muncul pemberitahuan lalu ketuk “dukungan”.
  4. Setelah itu, kamu diminta untuk “tulis permasalahan” dengan menyisipkan screenshot atau tangkapan layar berupa tulisan bahwa akun diblokir.
  5. Lanjutkan dengan “tambahkan nomor telepon”.
  6. Pilih “lanjut” di bagian bawah.
  7. Kamu akan diarahkan ke email pusat bantuan WA sehingga bisa menuliskan permasalahan lebih detail,, nomor telepon dan screenshot sebagai bukti masalah.
  8. Tunggu beberapa waktu untuk mengetahui respon dari pusat bantuan WA.
  9. Ikuti panduan yang diminta pusat bantuan WA agar bisa kembali mendapatkan akun WA yang diblokir.

Itulah beberapa informasi tentang ciri WA di blokir sementara dan cara mengatasinya. Supaya akun WA tidak diblokir, kamu harus menggunakan akun aplikasi WA resmi yang tersedia di Play Store atau App Store. Jika akun WA yang dimiliki digunakan untuk bisnis, jangan melakukan aktivitas yang berlebihan karena bisa dianggap spam.

Agar bisnis bisa lebih optimal, kamu bisa menggunakan layanan pesan yang terintegrasi dengan WhatsApp API dari Koala+. Koala+ merupakan partner bisnis resmi FB yang akan membantu bisnis-mu agar lebih mudah dalam menjalankan transaksi-transaksi online berbasis layanan pesan menggunakan WhatsApp Business API.