Rumus Net Sales dan Cara Menghitung yang Benar

28 Mei 2023

Rumus net sales menjadi salah satu rumus yang biasanya digunakan dalam menghitung laba rugi. Net sales adalah salah satu komponen penting yang dicantumkan dalam laporan keuangan bisnis. Net sales merupakan keuntungan bersih yang didapatkan perusahaan setelah dikurangi dengan tunjangan penjualan, diskon harga dan retur.

Sebagai pengusaha dan pemilik bisnis sangatlah penting untuk memahami net sales beserta rumus dan cara menghitungnya. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis harus mencari tahu informasi mengenai net sales lalu mempelajarinya. Informasi lengkap mengenai net sales akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

Apa Itu Net Sales?

Net sales atau penjualan bersih adalah angka atau nilai yang didapatkan dari hasil penjualan produk-produk milik perusahaan. Untuk mengetahui penjualan bersih yang didapatkan, maka peru untuk menghitung seluruh hasil penjualan dengan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendongkrak angka penjualan.

Dalam buku berjudul “Buku Ajar Dasar Akuntansi”, net sales atau penjualan bersih adalah angka yang dihasilkan dari kegiatan operasional utama bisnis. Nilai penjualan bersih ini didapatkan dari total pendapatan kotor perusahaan. Setelah itu, dikurangi tunjangan penjualan, retur penjualan dan juga diskon harga.

Dengan mengurangi pendapatan kotor perusahaan dengan sejumlah biaya seperti tunjangan penjualan, retur penjualan dan juga diskon harga maka perusahaan bisa dengan jelas melihat pendapatan bersih yang didapatkan.

Fungsi Net Sales

Mengetahui net sales atau pendapatan bersih yang didapatkan perusahaan itu sangatlah penting. Ini dikarenakan kamu sebagai pemilik bisnis akan mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan. Dengan begitu, maka akan diketahui juga bagaimana kondisi kesehatan keuangan bisnis.

Net sales juga berfungsi untuk mengetahui apakah perusahaan sudah mencapai target penjualan yang sudah ditentukan dan memperoleh keuntungan yang diharapkan. Tentu saja informasi tersebut akan membantu kamu dalam membuat keputusan bisnis secara tepat dengan memperhitungkan kondisi keuangan perusahaan.

Baca Juga : Definisi Profit Margin, Jenis, Rumus dan Manfaat

Potongan yang Mempengaruhi Net Sales

Dari pengertian net sales diatas, diketahui jika penjualan bersih didapatkan setelah pendapatan kotor dikurangi dengan beberapa komponen. Berikut beberapa komponen yang bisa mempengaruhi net sales:

1. Diskon Harga

Diskon harga merupakan potongan pertama yang memengaruhi net sales atau penjualan bersih. Diskon adalah jenis pengurangan yang diberikan dalam bentuk potongan harga produk dengan persentase tertentu.

Biasanya perusahaan akan memberikan diskon harga pada waktu tertentu ketika permintaan produk sedang menurun atau saat ada suatu event.

2. Tunjangan Penjualan

Tidak berbeda dengan diskon, tunjangan penjualan juga diberikan perusahaan dengan mengurangi harga asli suatu produk. Biasanya tunjangan penjualan diberikan hanya untuk alasan tertentu dan juga pada produk tertentu saja.

Berbeda dengan diskon yang diberikan untuk semua pelanggan, tunjangan penjualan sebagian besar hanya diterapkan perusahaan untuk mengatasi masalah pada produk ataupun pengiriman.

3. Retur Penjualan

Potongan selanjutnya yaitu retur penjualan. Retur penjualan ini meliputi setiap retur produk yang dibeli oleh konsumen. Contohnya seperti seorang konsumen membeli TV dari toko elektronik, tetapi ternyata TV yang diberikan tidak berfungsi dengan baik lalu konsumen tersebut memutuskan untuk menukarkannya dengan barang baru.

Kondisi tersebut membuat penjual harus memberikan produk pengganti tanpa mendapatkan pembayaran lagi. Hal ini sering disebut dengan nama retur penjualan.

4. Rumus Net Sales

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi net sales, selanjutnya kamu harus tahu rumus net sales. Net sales atau penjualan bersih ini merupakan salah satu komponen yang biasanya disertakan dalam dokumen keuangan atau laporan laba rugi.

Laporan laba rugi adalah rngkasan jumlah pendapatan dan juga beban yang dihasilkan dalam suatu periode penjualan. Berikut rumus net sales sederhana yang harus diketahui:

Net sales (Penjualan Bersih) = Penjualan Kotor – Diskon – Tunjangan – Retur

Angka penjualan kotor ini didapatkan dari total penghasilan yang dihasilkan tanpa dikurangi diskon, tunjangan dan retur. Penjualan kotor meliputi semua transaksi yang dilakukan dengan uang tunai, kartu kredit, debit maupun kredit perdagangan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mencatat sekecil apapun pendapatan maupun pengeluaran agar bisa menghitung penjualan sales dengan tepat dan cepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Laba Bersih Perusahaan Agar Tidak Rugi

Cara Menghitung Net sales yang Benar

1. Hitung Penjualan Kotor Perusahaan

Untuk mengetahui net sales atau penjualan bersih bisa dimulai dengan menghitung penjualan kotor perusahaan selama periode tertentu. Dalam penghitungan penjualan kotor ini kamu tidak perlu menentukan apakah itu penjualan yang dibuat dengan uang tunai, debit, kartu kredit dan lainnya. Sertakan jumlah totalnya saja.

2. Kurangi Diskon Penjualan

Setelah mengetahui jumlah penjualan kotornya, penjualan kotor tersebut bisa dikurangi dengan diskon penjualan.

3. Kurangi Tunjangan Penjualan dan Retur

Ketika ada konsumen yang mengembalikan produk dan konsumen menerima jumlah penuh dari penjualan kembali. Maka tunjangan penjualan merupakan diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk produk cacat.

4. Hitung Penjualan Bersih

Setelah itu, kamu bisa menghitung penjualan bersih yang didapatkan. Penjualan bersih adalah jumlah kotor dikurangi total pengurangan.

Supaya kamu bisa lebih mudah dalam memahami net sales, berikut contoh penghitungannya yang benar berdasarkan rumus diatas:

Contoh:

Suatu perusahaan bernama PT. Megah Abadi memiliki penjualan kotor sebesar Rp 8.000.000. PT. Megah Abadi pernah memberikan retur kepada pelanggan sebesar Rp 200.0000, tunjangan penjualan Rp 50.000 dan diskon sebesar Rp 650.000. Lalu, berapa net sales yang didapatkan:

Penghitungannya:

Net sales (Penjualan Bersih) = Penjualan Kotor – Diskon - Tunjangan – Retur
                = Rp 8.000.000 – Rp 650.000 – Rp 50.000- Rp 200.000
                = Rp 7.100.000

Jadi net sales (penjualan bersih) yang didapatkan oleh PT Megah Abadi sebesar Rp 7.100.000.

Itulah informasi tentang rumus net sales dan cara menghitungnya yang benar. Penghitungan net sales perlu dihitung agar perusahaan bisa tahu berapa pendapatan bersih yang didapatkan. Informasi mengenai pendapatan bersih yang didapatkan akan digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk menghitung transaksi dan produk yang cepat dan mudah, salah satunya dengan menggunakan Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp API. Koala+ hadir dengan fitur Manajemen Transaksi & Manajemen Produk.

Fitur manajemen transaksi akan membantu kamu dalam memantau semua transaksi yang masuk secara real-time, kirim pesan invoice pada pelanggan dan juga melihat riwayat transaksi yang tersimpan. Selain itu, kamu juga bisa memiliki website jualan sendiri yang langsung terhubung dengan dashboard Koala+ dengan gratis.

Menggunakan fitur manajemen transaksi akan membuat bisnis yang kamu miliki menjadi lebih terpercaya dan bisa dengan mudah dipromosikan dengan cara mencantumkan website jualan yang dimiliki.