Cara Menawarkan Produk Lewat WhatsApp Paling Ampuh

30 April 2023

Untuk meningkatkan penjualan produk, kamu harus bisa melakukan cara menawarkan produk lewat wa yang efektif dan efisien. Sekarang ini aplikasi chatting seperti WhatsApp sudah sering digunakan sebagai media promosi oleh para pelaku bisnis. Mulai dari fitur story hingga penggunaan WhatsApp API bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Agar bisa sukses melakukan promosi produk melalui WA, kamu bisa pelajari cara menawarkan produk lewat WhatsApp dibawah ini.

Cara Menawarkan Produk Lewat WA

1. Gunakan Whatsapp Business

Aplikasi chatting yang cocok untuk digunakan kegiatan promosi produk adalah WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis. Di sini ada banyak fitur canggih yang memudahkan pengguna melakukan pengelolaan bisnis dan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu:

  • Download dan pasang WhatsApp Business melalui Play Store atau App Store.
  • Buka dan jalankan aplikasinya.
  • Baca ketentuan layanan WA Business dan ketuk Setuju lalu Lanjutkan.
  • Pilih kode Negara yang sesuai dan masukkan nomor telepon yang digunakan dalam format internasional lalu klik Selesai dan lanjutkan.
  • Jika ada popup muncul langsung saja ketuk OK untuk menerima kode verifikasi sebanyak 6 digit yang akan diterima melalui SMS. Selesaikan proses pendaftaran dan akhiri dengan memasukkan kode 6 digit tadi.
  • Beri izin akses untuk foto, video dan file yang ada di smartphone.
  • Buat akun menggunakan nama usaha, dan pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil, disarankan menggunakan foto profil perusahaan bukan pribadi.
  • Buat profil dan ketuk Jelajani, lalu klik profil bisnis. Isi informasi bisnis yang penting sesuai kebutuhan.

Jika sudah memiliki akun WA bisnis ini, pengguna hanya perlu memaksimalkan fitur yang ada di dalamnya untuk kegiatan promosi. Mulai dari broadcast dan banner.

2. Buat Brand dan Foto Profil yang Meyakinkan

Sebelum menawarkan produk lewat WhatsApp, kamu harus memperhatikan brand dan foto profil yang digunakan. Pastikan untuk membuat brand serta foto profil akun WA yang meyakinkan. Pemilihan bentuk logo hingga warnanya sangat penting bagi sebuah bisnis. Untuk foto profil bisa menggunakan gambar produk andalan sehingga pelanggan bisa langsung mengenali.

3. Buat Kalimat Promosi dan Konten yang Menarik

Jika sudah menggunakan foto profil dan nama brand yang meyakinkan, selanjutnya gunakan kalimat atau kata-kata promosi yang menarik. Selain itu buatlah konten yang menarik juga, misalnya foto produk atau video pendek tentang produk yang dipromosikan. 

Pastikan untuk membuat foto produk yang berkualitas. Jangan asal-asalan dalam memilih foto produk yang akan dijadikan konten promosi melalui WhatsApp. Dari konten tersebut pelanggan akan mendapatkan informasi penting suatu produk yang nantinya akan menarik perhatiannya sehingga ada keinginan membeli.

4. Manfaatkan fitur Whatsapp Catalog

Dalam WhatsApp Business ada fitur catalog produk. Fitur yang bisa digunakan untuk membuat katalog produk pada aplikasi WhatsApp. Berbagai macam informasi produk bisa dicantumkan di dalamnya serta menambahkan foto produk yang ditawarkan. Dengan fitur catalog ini juga pengguna bisa membuat rook sendiri dan melanjutkan transaksi jual beli dengan mudah. Cukup masuk ke dalam menu pengaturan lalu pilih fitur bisnis dan lanjut ke fitur katalog, toko sudah jadi.

Baca Juga : Tips-Tips Desain Katalog Produk untuk Bisnis Milik Kamu

5. Buat Daftar Kontak untuk Broadcast

Selain membuat menu atau katalog produk yang dijual, kamu melakukan interaksi dengan konsumen atau calon pelanggan menggunakan fitur broadcast. Siapkan daftar kontak pelanggan yang ingin dikirimi dengan konten promosi produk. Biasanya daftar ini merupakan pelanggan yang sudah ditargetkan.

Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp business lalu pilih menu Opsi dan klik pada Siaran Baru. Cari dan pilih kontak yang ingin dimasukkan ke dalam daftar lalu klik tanda centang. Jika daftar sudah siap, pengguna bisa mulai mengirimkan pesan promosi menggunakan fitur broadcast. Pesan bisa langsung sampai ke banyak orang dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Cara Broadcast di WA Tanpa Save Nomor dan Syarat-Syaratnya

6. Gunakan Whatsapp Status

Selain menggunakan broadcast, bisa juga mengirimkan promosi produk melalui status WhatsApp. Ini cara yang cukup efektif untuk digunakan. Pada status ini bisa menggunakan konten video pendek atau foto produk.

7. Manfaatkan Grup Chat

Masih ada cara menawarkan produk lewat WhatsApp lain yang bisa dicoba yaitu menggunakan grup chat. Jadi pengguna bisa membuat grup pelanggan yang bisa dimanfaatkan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan serta untuk mengirim promosi produk kepada konsumen yang ada dalam grup chat.

8. Jangan Ragu Menghubungi Langsung

Untuk mempromosikan sebuah produk jangan ragu menghubungi langsung calon pelanggan. Ini untuk membuat proses promosi jadi lebih efektif. Cara ini juga bisa digunakan untuk mencari kebutuhan pelanggan apa saja. Sehingga nanti bisa mempromosikan produk yang sesuai.

Itulah beberapa cara menawarkan produk lewat WA yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan fitur-fitur canggih milik Koala+. Koala+ adalah  partner bisnis resmi Facebook yang sudah terintegrasi dengan Whatsapp API untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis.

Banyak fitur Koala+ yang bisa kamu coba seperti Chatbot, Broadcast, Manajemen Transaksi dan Produk hingga Live Customer Service. Jika kamu ingin menawarkan produk lewat WhatsApp secara massal dan cepat, gunakan fitur Broadcast Message dari Koala+ untuk mengirim pesan ke banyak pelanggan sekaligus jadi lebih cepat dan efisien.

Kamu bisa menawarkan produk baru, diskon yang sedang berlangsung dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu atur di satu dashboard Koala+. Promosi dan pelayanan pelanggan akan jadi semakin maksimal jika menggunakan WhatsApp dan juga Koala+. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala+.