Cara Menghitung Harga Diskon Anti Rugi

29 April 2023

Sebelum menetapkan harga diskon, ketahui dulu cara menghitung harga diskon anti rugi yang baik dan benar. Diskon produk adalah hal yang disukai pelanggan, apalagi jika itu adalah produk yang sudah diincar lama, tetapi belum dibeli lantaran harganya sangat mahal. Sebagai penjual, kamu bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan memberi diskon besar-besaran. Akan tetapi, lakukan perhitungan yang matang dan jangan asal agar tidak rugi.

Cara Menghitung Harga Diskon

Agar tidak rugi, kamu harus mengetahui cara menghitung harga diskon. Memastikan persentase diskon masih tetap memberikan keuntungan adalah hal terpenting saat membuat diskon produk. Untuk itu, ikutilah tahapan berikut ini.

1. Menghitung Semua Biaya Produksi

Apabila kamu merupakan produsen yang memproduksi barangnya sendiri, maka hitunglah semua biayanya. Tidak hanya biaya untuk bahan baku saja, tetapi juga biaya operasional seperti biaya listrik, gaji karyawan, transportasi dan sewa tempat dan sebagainya.

Namun jika bisnismu merupakan retail, maka cukup menghitung semua biaya transportasi atau jasa pengirimannya, penanganan gudang dan sebagainya.

Dari sini, kamu bisa mengetahui berapakah modal yang telah dikeluarkan untuk melakukan penjualannya. Satu lagi, biaya pemasaran produk atau jasa harus dimasukkan juga.

2. Menghitung Harga Dasar Produk

Setelah menghitung seluruh biaya produksi, maka hitunglah berapa harga dasar produknya. Contoh, dalam sekali produksi dapat menghasilkan 1000 produk.

Ini artinya, bagikan total biaya produksinya dengan 1000 produk. Dari sini, dapat dilihat berapa harga dasar setiap produk tanpa ditambahkan dengan margin profit.

3. Menentukan Margin Profit

Tentukanlah berapakah margin keuntungan atau profit yang diharapkan dari penjualan setiap produk. Untuk menentukannya tidak bisa seenak hati saja, maka dari itu harus melakukan riset terlebih dulu.

Apalagi, jika ada produk yang mirip denganmu di pasaran. Maka, setelah berapa harga jual dari kompetitor tersebut.

Untuk harga, bisa saja lebih murah atau lebih mahal dari kompetitor. Namun, jika harganya lebih mahal, pastikan kualitas ditekankan dalam proses pemasaran ini.

Selain itu, pertimbangkan juga bagaimana permintaan pasar. Apabila permintaan pasar sangat tinggi, kamu pun bisa menaikkan harga menjadi lebih tinggi.

Akan tetapi, untuk pebisnis retail harus berhati-hati. Sebab, para produk yang dipasok, biasanya terhadap harga eceran tertinggi. Jadi, janganlah sampai melebihi angka yang telah ditetapkan sebelumnya ya.

4. Menentukan Diskon

Sebenarnya, jika sudah mengetahui harga dasar dan margin profit, secara otomatis sudah tahu berapa harga jual produknya.

Dengan tahu harga jual, artinya kamu sudah bisa menentukan berapa diskon yang diberikan. Namun, pastikan diskon yang ditetapkan hanya memotong margin profitnya saja, tidak memotong harga dasar. Sebab, jika iya artinya kamu sendiri yang rugi sebab penjualan tidak dapat menutupi biaya produksinya.

Baca Juga : Pakai Strategi Buy 1 Get 1 Artinya Jualanmu Laris! Ini Alasannya

Strategi Diskon Supaya Tidak Rugi

Memasang strategi saat diskon adalah trik yang bisa dilakukan untuk memastikan bisnis masih berjalan dengan baik. Berikut adalah berbagai strategi diskon yang dapat dicoba.

1. Diskon Khusus Pembelian Pertama

Meskipun diskon memang bermanfaat untuk menarik pembeli lebih banyak, tetapi memasang diskon sepanjang penjualan produk pun juga tidak baik.

Salah satu caranya adalah bisa memberikan diskon untuk pembeli yang baru pertama kali belanja di tokomu.

Jadi, saat ia mengunjungi toko onlinemu dan belum pernah membeli apa-apa, maka berikan klaim diskon hanya untuk pembelian pertama saja. Jadi, saat pembelian kedua, ia tidak bisa lagi mengklaim diskonnya tersebut.

2. Terapkan Sistem Minimal Pembelian

Apabila ingin meningkatkan omset penjualan tetapi dengan sistem diskon, maka trik yang tepat adalah menetapkan minimal pembelian barang.

Ini dikenal dengan nama sistem bundling. Jadi, pelanggan bisa membeli barang-barang tertentu dengan harga lebih murah apabila sudah memenuhi minimal belanja yang ditetapkan penjual.

3. Diskon untuk Pelanggan yang Follow Akun Toko

Cukup banyak toko online yang kini telah menerapkan strategi diskon satu ini. Dimana, untuk pelanggan yang mengikuti toko penjual akan diberikan kupon diskon khusus.

Jangan lewatkan cara ini ya, sebab kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan sekaligus followers toko. Seperti yang kita tahu, banyaknya followers menandakan bahwa toko sudah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Sehingga, cara ini juga otomatis membuat pelanggan lain merasa tertarik dan ingin mendapatkan diskon dari tokomu juga.

Baca Juga : 9 Kata-Kata Menarik untuk Promosi di Media Sosial

4. Diskon Saat Momen Tertentu

Banyak hari-hari besar yang dimanfaatkan untuk berburu barang diskon oleh pelanggan, ini tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah di tanah air.

Hari-hari besar yang dimaksud seperti tahun baru, bulan ramadhan, hari lebaran, dan sebagainya. Jadi, di momen tersebut kamu bisa menghasilkan produk lebih banyak.

Jangan sampai melewatkan momen satu ini. Sebab, penjualan produk biasanya cenderung meningkat dari biasanya.

Oleh karena itu, jika semakin banyak barang yang diberikan diskon, maka pembeli pun pastinya semakin tertarik. Apabila pelanggan suka dengan barangmu, tak menutup kemungkinan akan membelinya di lain hari sekalipun dengan harga normal.

Memberikan diskon pada pelanggan termasuk cara untuk meningkatkan sikap loyalitas pelanggan terhadap tokomu. Untuk itulah terapkan cara menghitung harga diskon di atas ya lalu gunakan strategi diskon setelahnya.

Karena saat diskon mungkin akan terjadi peningkatan transaksi juga, maka jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Manajemen Transaksi dari Koala+. Fitur ini memungkinkan kamu bisa memantau semua transaksi yang masuk secara real-time, kirim pesan invoice ke pelanggan, dan melihat riwayat transaksi yang tersimpan.

Jika secara manual, pastinya akan sulit untuk memantau setiap transaksi pelanggan yang sangat banyak. Namun, dengan Koala+, semua transaksi dapat dikelola dengan baik, termasuk jika ada pelanggan yang meminta invoice transaksinya. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu menunggu penjual terlalu untuk membuat invoice pembayarannya. Ada banyak opsi metode pembayaran juga yang dapat digunakan oleh pelanggan di Koala+. Tunggu apalagi, daftar Koala+ sekarang juga dan maksimalkan fitur WhatsApp API!