Pengertian dan Prinsip Integritas Moral dalam Bisnis

28 Juni 2023

Prinsip integritas moral merupakan salah satu prinsip etika bisnis yang bisa dijadikan pedoman dalam menjalankan suatu bisnis. Banyak orang yang terjun di dunia bisnis tetapi tidak semuanya berhasil meraih kesuksesan. Dimana salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman dan pelaksanaan prinsip etika bisnis.

Padahal sangat penting bagi pelaku bisnis untuk menjalankan prinsip-prinsip etika bisnis. Ada lima prinsip etika bisnis yang harus diketahui dan dipahami. Buat kamu yang belum tahu dengan prinsip-prinsip tersebut, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Kata-Kata Jualan Online di WA yang Menarik Pembeli

Apa Itu Prinsip Integritas Moral?

Prinsip integritas moral adalah prinsip etika yang harus dijalankan serta dijaga untuk mempertahankan nama baik perusahaannya. Dimana pelaku bisnis harus bisa menjalankan serta mengelola bisnisnya dengan baik agar kepercayaan konsumen maupun pihak lain kepada perusahaan tetap ada.

Ini berarti seorang pelaku bisnis atau pengusaha harus bisa memberikan dorongan pada diri sendiri dalam menjalankan bisnis sehingga memunculkan rasa bangga. Kondisi ini biasanya akan terlihat dari perilaku pelaku bisnis saat berada diluar ataupun di dalam perusahaan.

Prinsip etika moral satu ini wajib diterapkan ke berbagai pihak. Integritas moral yang tinggi bisa meningkatkan kepercayaan publik kepada perusahaan. Begitupun sebaliknya, ketika ada pihak perusahaan yang melakukan sesuatu hal yang bertentangan dengan moral, maka perusahaan akan menerima dampak buruknya.

Jika prinsip integritas moral diterapkan dengan benar, maka prinsip ini akan sangat membantu pebisnis dalam menjaga reputasi perusahaan yang dimiliki. Selain itu, juga akan membangun kepercayaan konsumen. Prinsip ini harus diterapkan oleh semua pihak yang terlibat dalam bisnis, seperti pemilik perusahaan maupun karyawan. Integritas moral harus diterapkan di semua level perusahaan.

Integritas moral ini juga berkaitan dengan upaya untuk mempertahankan nilai-nilai moral dalam menjalankan aktivitas bisnis. Melalui prinsip ini, bisnis yang dijalankan akan mendapatkan nama baik dalam pandangan para konsumen.

Prinsip integritas moral akan mendorong pelaku bisnis atau pengusaha untuk menghormati harkat dan martabat orang lain. Maka dari itu, dalam setiap pengambilan keputusan, pelaku bisnis akan berupaya untuk mencegah timbulnya kerugian bagi orang lain.

Kesimpulannya yaitu prinsip integritas moral merupakan salah satu prinsip etika bisnis yang tidak akan merugikan orang lain dalam pengambilan suatu keputusan maupun tindakan bisnis. Dimana prinsip ini dilandasi oleh kesadaran bahwasanya setiap orang harus dihormati sebagai manusia.

Selain prinsip integritas moral, juga ada prinsip etika bisnis lainnya. Adapun prinsip-prinsip etika bisnis tersebut antara lain:

1. Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan adalah semua pihak yang terlibat dalam suatu aktivitas bisnis memiliki hak menerima perlakuan yang sama dengan yang lainnya. Hal ini berarti semua orang yang terlibat berhak berkontribusi dalam bisnis secara langsung dan juga tidak langsung.

2. Prinsip Kejujuran

Prinsip etika bisnis selanjutnya yaitu prinsip kejujuran. Selalu bersikap jujur merupakan salah satu kunci sukses dan juga kunci keberhasilan suatu bisnis. Maka dari itu, selalu utamakan penerapan prinsip ini di segala aspek kegiatan bisnis. Contohnya yaitu selalu jujur kepada konsumen perihal kandungan produk yang dijual.

3. Prinsip Otonomi

Prinsip etika bisnis ini berhubungan dengan tindakan seseorang dalam mengambil suatu keputusan sebagaimana mestinya. Dengan begini maka seorang pengusaha harus memiliki sikap tegas dalam menciptakan keputusan. Setiap keputusan yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan nilai moral maupun norma yang berlaku di masyarakat.

4. Prinsip Loyalitas atau Kesetiaan

Terakhir ada prinsip loyalitas atau kesetiaan. Loyalitas kepada perusahaan bisa terlihat dari kerja keras semua pihak dalam perusahaan selama menjalankan bisnis dengan tetap mengedepankan visi dan misi perusahaan.

Baca Juga : 7 Cara Jualan di FB untuk Pemula, Dijamin Untung dan Ramai Pembeli!

Contoh Prinsip Integritas Moral

Berikut beberapa contoh prinsip integritas moral yang harus diketahui:

1. Memberikan Pelayanan yang Baik Kepada Pelanggan

Prinsip integritas moral menekankan setiap orang memiliki harkat dan martabat yang harus dihormati. Salah satu contohnya yaitu perusahaan harus selalu memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan. Artinya tidak boleh membeda-bedakan pelayanan yang diberikan.

Selalu memberikan pelayanan yang baik tentu saja akan tercipta loyalitas pelanggan. Hal ini akan menguntungkan perusahaan. Alasannya, karena pelanggan akan menjadi konsumen tetap di perusahaan-mu.

2. Mengucapkan Terima Kasih

Terima kasih merupakan kata sederhana yang memiliki dampak besar bagi banyak orang. Mengucapkan terima kasih merupakan tanda bahwa seseorang sangat menghargai orang lain. Jadi jangan pernah ragu untuk selalu mengucapkan terima kasih karena dampak sangat besar terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Selalu ucapkan terima kasih kepada semua pelanggan yang telah membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan-mu. Ucapan terima kasih bisa mendorong konsumen untuk kembali lagi untuk membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan-mu lagi.

3. Berbicara dengan Bahasa yang Sopan

Contoh yang terakhir adalah harus selalu berbicara dengan bahasa yang sopan. Etika bisnis ini harus diterapkan oleh semua pihak, baik itu pemilik bisnis maupun karyawan. Saat menghadapi pelanggan atau klien, juga harus berbicara dengan bahasa yang baik dan tidak berbicara menyimpang.

Itulah informasi tentang pengertian dan prinsip integritas moral dalam bisnis. Prinsip integritas moral harus diterapkan dalam bisnis karena bisa membuat perusahaan meraih kesuksesan. Selain prinsip tersebut, masih ada beberapa prinsip etika bisnis lainnya yang juga harus diterapkan.

Agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan lebih maksimal, direkomendasikan untuk menggunakan Koala+. Platform ini bisa mengoptimalkan bisnismu dengan layanan pesan yang sudah terintegrasi WhatsApp API.

Koala+ sudah menjadi partner bisnis resmi Facebook yang bisa membantu bisnis lebih mudah dalam menjalankan transaksi online. Banyak fitur yang bisa digunakan mulai dari Broadcast Message, Chatbot, Live Customer Service, Manajemen Transaksi, Manejemen Produk dan Mode Restoran. Tertarik menggunakan fiturnya? Yuk daftar Koala+ sekarang juga!