Teknik Pemasaran untuk Produk Baru yang Efektif

28 Mei 2023

Bisnis yang sukses tidak hanya karena terus melakukan inovasi produk tetapi juga menerapkan teknik marketing yang tepat untuk produk barunya. Tanpa menerapkan strategi marketing yang tepat, produk baru yang diproduksi tidak akan dikenal masyarakat luas. Akibatnya tidak akan ada yang membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, menciptakan produk baru harus diimbangi dengan teknik pemasaran yang tepat. Teknik pemasaran yang dilakukan akan meningkatkan penjualan produk. Jika sudah begini maka keuntungan yang kamu dapatkan mengalami peningkatan. Kira-kira apa teknik marketing yang tepat untuk produk baru?

8 Teknik Pemasaran untuk Produk Baru yang Efektif

Keberhasilan dalam penjualan produk dipengaruhi oleh teknik pemasaran yang dilakukan. Berikut ini beberapa teknik pemasaran untuk produk baru yang efektif:

1. Lakukan Riset Pasar

Sebelum produk baru mulai dijual di pasaran, alangkah lebih baik untuk melakukan riset pasar lebih dahulu. Tujuan melakukan riset pasar ini adalah untuk mencari tahu seberapa besar potensi produk yang dijual dan siapa pembeli potensial. Selain itu, juga untuk mengetahui cara pemasaran produk baru agar diterima di masyarakat.

Jika hasil riset pasar menunjukkan potensi dari target yang dipilih cukup besar dan menjanjikan, maka kamu bisa segera memasarkan produk baru tersebut. Sementara jika hasil risetnya kurang positif, kamu bisa mengevaluasi produk baru agar memiliki nilai lebih atau mencari target pasar lainnya.

2. Lakukan Promosi untuk Memperkuat Brand Awareness

Tidak bisa dipungkiri jika promosi merupakan hal paling penting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis. Tanpa melakukan promosi maka produk yang diproduksi bisnismu tidak akan dikenal masyarakat meskipun memiliki kualitas yang baik.  Oleh karena itu, kamu harus rajin melakukan promosi, terutama jenis promosi untuk produk baru.

Dengan promosi kamu bisa menunjukkan kualitas produk bau yang ditawarkan. Supaya banyak konsumen yang tertarik, kamu bisa memberikan harga promosi yang murah, tambahan bonus atau hadiah menarik. Strategi promosi yang cukup berhasil adalah dengan memberikan diskon atau kupon belanja.

3. Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Teknik pemasaran satu ini memang sangat sederhana tetapi efeknya sangat luas biasanya pada bisnis. Dalam menerapkan strategi pemasaran ini, tim marketing akan melakukan komunikasi dengan pembeli secara langsung.

Setelah pembeli membeli produk baru yang ditawarkan dan merasa puas dengan produk tersebut, maka akan berkomunikasi lagi dengan pembeli lainnya. Seperti kerabatnya, temannya dan tetangganya yang berpotensi untuk membeli lagi produk tersebut.

4. Pemasaran di Event-Event Tertentu

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara melakukan pendekatan langsung kepada konsumen dan ikut berpartisipasi dalam suatu acara yang diadakan oleh pihak lainnya. Sebagai pemilik bisnis, kamu tidak perlu repot mencari konsumen karena konsumen akan datang sendiri di event tersebut.

Dimana dalam hal ini, kamu hanya tinggal menjual produk secara langsung. Contoh event yang bisa kamu ikuti adalah pameran, bazar, peluncuran produk baru, seminar, workshop, konser musik dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menentukan Target Pemasaran dalam Berbisnis Online

5. Kerjasama dengan Reseller dan Dropship

Menjalin kerjasama dengan reseller dan dropship juga merupakan salah satu teknik marketing yang efektif untuk produk baru. Strategi pemasaran ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis yang menjual produknya di marketplace. Dikarenakan reseller itu terdiri beragam personality maka cara memasarkan produk agar menarik banyak konsumen juga bervariasi.

Supaya produk baru bisnismu banyak terjual, disarankan untuk tidak asal memilih reseller dan dropshipper. Cara yang bisa dilakukan agar kamu tidak rugi adalah dengan menetapkan target penjualan sebelum melakukan kerjasama.

Selain itu, kamu juga bisa membuat sistem pemasaran serta jalur distribusi antar reseller. Tujuannya agar produk tersebar merata ke berbagai daerah yang menjadi target pasar produk baru tersebut.

6. Memanfaatkan Keberadaan Media Sosial

Pemasaran produk baru berarti kamu membutuhkan media komunikasi yang efisien. Dimana media sosial bisa kamu manfaatkan dengan baik. Media sosial banyak digunakan untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk-mu. Dengan begini maka pemasaran menjadi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan melakukan pemasaran secara konvensional.

Jika kamu paham dan memiliki pengetahuan dasar tentang sosial media marketing dan digital marketing, maka pemasaran produk baru menjadi jauh lebih efektif lagi. Ini dikarenakan media sosial tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga beriklan. Beberapa media sosial yang bisa digunakan adalah facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

7. Promosi Melalui Content Creator

Apabila kamu memiliki dana lebih untuk promosi produk baru, tidak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengan content creator. Kamu bisa memilih influencer, selebgram, youtuber atau produk reviewer untuk diajak kerjasama. Pertama-tama, kamu mencoba untuk menggunakan metode endorsement.

Produk yang nantinya di endorse akan direview oleh content creator kepada followers-nya sehingga produk baru-mu akan dikenal banyak orang. Bekerjasama dengan content creator sangat membantu kamu dalam proses pengenalan produk baru kepada konsumen.

Baca Juga : Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

8. Giveaway

Giveaway atau pemberian produk secara gratis atau cuma-cuma bisa diterapkan dalam pemasaran produk baru. Strategi ini dilakukan untuk meyakinkan calon pembeli jika produk yang kamu tawarkan memiliki banyak keunggulan. Pemberian giveaway cukup efektif untuk memikat hati pembeli.

Namun, sebelum melakukan giveaway penting untuk menganggarkan biayanya di awal dan masuk ke dalam biaya promosi. Supaya giveaway yang diberikan lebih efektif, kamu bisa membuat ketentuan tertentu agar bisa mendapatkan produk baru tersebut.

Nah itulah 8 teknik pemasaran untuk produk baru yang efektif. Jika kamu benar-benar menerapkan teknik marketing diatas, maka produk baru yang diluncurkan akan dikenal masyarakat dan terjadi banyak penjualan. Dalam hal ini berarti teknik pemasaran benar-benar sangat penting untuk mengenalkan produk baru pada masyarakat.

Penjualan produk baru juga bisa meningkat jika kamu menggunakan Koala+. Koala+ memiliki banyak fitur canggih yang bisa digunakan oleh penggunanya dan sudah terintegrasi dengan WhatsApp API. Manajemen Transaksi dan Produk menjadi salah satu fitur yang dimiliki oleh Koala+.

Menggunakan fitur Manajemen Transaksi akan membantu kamu dalam mengatur semua proses transaksi, mulai dari rekapan pesanan pelanggan, kirim invoice hingga transaksi selesai.

Sedangkan fitur Manajemen Produk akan membantu pelanggan kamu untuk mengetahui ketersediaan atau stok produk dengan mudah dan bisa langsung lanjut melakukan transaksi tanpa harus bertanya mengenai stok barang lebih dahulu.