Pengertian, Strategi dan Manfaat Marketing Funnel

28 Mei 2023

Ada banyak ilmu dan pengetahuan yang harus dimiliki pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya yaitu marketing funnel. Memahami istilah ini akan membantu kamu dalam memahami proses bagaimana calon pelanggan akhirnya memutuskan untuk membeli produk ataupun layanan yang kamu tawarkan.

Proses ini sangatlah penting karena bisa digunakan untuk merancang strategi bisnis yang tepat sehingga penjualan produk lebih optimal. Bagi kamu yang belum tahu apa itu marketing funnel beserta strategi dan manfaatnya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Marketing Funnel?

Marketing funnel merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat minat pelanggan atau konsumen dan tahapan pembelian produk atau jasa suatu bisnis. Terdiri dari beberapa tahap mulai dari menarik perhatian calon pelanggan, menyaring pelanggan, membuat penawaran dan mengkonversinya menjadi pelanggan yang aktif.

Setiap tahapan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Tujuannya agar bisa membantu pelanggan melewati setiap tahap lalu mengubahnya menjadi pelanggan setia. Oleh karena itu, setiap bisnis harus mempelajari dan menerapkan marketing funnel dalam bisnisnya.

Tujuan Marketing Funnel

Marketing funnel memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut:

1. Memetakan Pelanggan

Tujuan yang pertama adalah membantu kamu memetakan pelanggan sehingga bisa membantu dalam menentukan sudah sampai tahap mana pengalaman pelanggan dari produk atau layanan bisnis.

2. Memprediksi Pendapatan

Dengan kamu mengetahui tahapan pengalaman pelanggan maka bisa digunakan sebagai acuan seberapa banyak mereka akan closing ataupun melakukan pembayaran atas pembelian produk.

3. Memuluskan Komunikasi

Dalam strategi marketing ini, komunikasi antar departemen pemasaran penjualan dan lainnya menjadi sama karena memang visinya yang sama.

Baca Juga : Pengertian Marketing Mix 7p dan Contohnya

Tahapan Marketing Funnel

Berikut beberapa tahapan yang harus dipahami:

1. Awareness (Kesadaran)

Tahap paling atas adalah awareness atau kesadaran. Awareness merupakan tahap ketika calon pelanggan sadar akan keinginan dan juga kebutuhannya. Melalui masalah yang dihadapi, pelanggan akan sadar tentang kebutuhannya. Setelah itu, akan mencari solusi melalui berbagai media. Baik itu media sosial, iklan dan sebagainya.

Selanjutnya kamu bisa memberikan rekomendasi produk atau jasa untuk mengatasi yang dihadapi pelanggan agar mereka tertarik untuk melakukan pembelian. Cara terbaik untuk membangun hubungan kuat dengan pelanggan adalah dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM).

2. Interest

Pada tahapan interest, masyarakat mulai menunjukkan adanya ketertarikan pada brand produk kamu dan membandingkannya dengan brand lainnya. Masyarakat mulai mencari informasi dan mempelajari fitur serta manfaat apa saja yang diberikan oleh brand.

Dalam hal ini berarti kamu sebagai pemilik brand produk harus memberitahu para pelanggan perihal manfaat, keunggulan dan informasi lainnya tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Desire

Tahapan ketiga adalah desire. Pada tahapan ini, target pasar kamu sudah melakukan evaluasi pada brand produk yang ditawarkan sehingga ingin membeli produk atau jasa kamu.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam tahapan desire adalah memberikan dorongan pada masyarakat untuk mau melakukan pembelian. Dalam hal ini, kamu bisa melibatkan pelanggan dalam mencoba produk atau jasa tersebut karena memiliki fokus yang sama, interest dan desire sering dilakukan secara bersamaan.

4. Action

Tahapan yang terakhir adalah action. Pada tahapan action, pelanggan mulai memutuskan untuk membeli atau tidak membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Disini kamu bisa membantu mereka untuk melakukan keputusan pembelian produk atau jasa. Pastikan untuk memberikan produk terbaik sehingga mereka mau melakukan pembelian.

Baca Juga : Tugas dan Fungsi Marketing dalam Perusahaan

Strategi Marketing Funnel

Setiap tahapan memiliki strategi yang berbeda. Berikut beberapa strategi yang perlu diketahui:

1. Strategi untuk Tahapan Awareness

Strategi yang pertama ini untuk tahapan awareness. Pada tahap ini bisa menggunakan strategi digital marketing, SEO organik, influencer marketing, ads management dan sebagainya. Tujuan strategi ini untuk membangun brand awareness di masyarakat luas.

2. Strategi untuk Tahapan Interest dan Desire

Perlu diketahui jika tahapan interest dan juga desire sering dilakukan bersamaan. Oleh karena itu, untuk strateginya juga bisa dilakukan secara bersama. Adapun strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat content marketing, konten video, product review dan sebagainya untuk mempromosikan keunggulan produk maupun jasa yang ditawarkan.

3. Strategi untuk Tahapan Action

Strategi untuk tahapan action adalah dengan memberikan urgensi pada pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian. Caranya dengan menambahkan call to action atau CTA pada setiap konten yang dibuat untuk mempermudah pelanggan mendapatkan apa yang sedang diinginkan.

Selain itu, juga bisa memberikan potongan harga untuk pembelian pertama, buy one get one untuk launching product dan sebagainya. Cara ini dipercaya bisa mendorong urgensi keputusan pembelian calon pelanggan.

Manfaat Marketing Funnel

Pada umumnya, marketing funnel bermanfaat sebagai penguat strategi pemasaran. Melalui strategi pemasaran ini, kamu jadi tahu jika pelanggan sudah mengetahui produk tetapi masih belum tertarik untuk membelinya sehingga perlu menerapkan strategi ini. Berikut beberapa manfaatnya dalam bisnis:

  • Bisa dijadikan bahan evaluasi agar kamu bisa menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik lagi.
  • Kamu sebagai pengusaha menjadi bisa mengukur kualitas strategi yang sudah diterapkan.
  • Lebih mudah untuk menemukan strategi pemasaran paling ampuh untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan pelanggan akan produk.
  • Membantu kamu dalam memahami bahwasanya strategi pemasaran bisa berhasil hana di tahap tertentu saja.
  • Menjadi motivasi agar kamu bisa melakukan riset untuk menaikkan kualitas produk agar bisa diburu pelanggan.
  • Bisa tahu tentang waktu dan juga cara membina hubungan yang paling disukai oleh klien potensial.
  • Perencanaan pemasaran menjadi lebih fokus di setiap tahapannya.

Itulah informasi tentang pengertian, strategi dan manfaat marketing funnel. Dari penjelasan diatas diketahui jika strategi ini sangat penting untuk diterapkan karena bisa meningkatkan penjualan.

Penerapan strategi akan lebih maksimal jika kamu juga menggunakan Koala+. Koala+ adalah partner bisnis resmi Facebook yang memudahkan kamu menjalankan bisnis karena sudah terintegrasi dengan Whatsapp Business API.

Koala+ memiliki banyak fitur seperti Manajemen Produk, Manajemen Transaksi, Chatbot, Broadcast Message dan Live Customer Service. Jadi tunggu apalagi, daftar Koala+ sekarang juga!