Pengertian dan Fungsi ERP bagi Perusahaan

28 Mei 2023

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Perkembangan teknologi yang pesat dan semakin canggih harus dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan untuk mempermudah proses bisnisnya. Sistem ERP merupakan perangkat lunak yang berguna untuk mengoptimalisasi aktivitas bisnis.

Perusahaan yang sudah menerapkan sistem ERP akan membuat bisnis menjadi lebih mudah dikelola. Alasannya karena beberapa proses distribusi data dilakukan dengan bantuan mesin sehingga tidak perlu repot lagi mengelola data secara manual. Buat kamu yang belum tahu apa itu ERP, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu ERP?

Enterprise Resource Planning atau sistem ERP adalah proses pengumpulan dan juga pengorganisiran data bisnis menggunakan software yang terintegrasi. Sederhananya, ERP adalah perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk mengoptimalisasi semua proses bisnis berdasarkan data acuan.

Sistem ERP merupakan sebuah inovasi baru yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola akuntansi, rantai pasok inventaris dan juga berbagai aktivitas lainnya dengan mudah.

Saat ini sistem ERP sudah banyak digunakan oleh industri di berbagai sektor. Menariknya lagi, ada juga bisnis UKM yang juga menggunakan sistem ini. Selain membantu mengelola bisnis dengan mudah, biaya sistem ERP sangat terjangkau.

Sistem ERP sangat bermanfaat bagi perusahaan dan bisnis karena dapat menyediakan akses real time ke informasi yang terbaru serta akurat tentang aktivitas bisnis yang sedang berlangsung. Selain itu, juga membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis karena data tidak dikelola dengan cara manual yang sangat memakan banyak waktu dan tenaga.

Baca Juga : Pengertian Up Selling Beserta Tips dan Manfaatnya

Cara Kerja ERP

Secara garis besar, cara kerja ERP adalah dengan mengoptimalisasikan seluruh proses bisnis dalam satu database terpusat. Contohnya kamu menerima pesanan dari konsumen, ERP akan secara otomatis menginformasikan pesanan konsumen tersebut dengan mengirimkan informasi ke pusat distribusi untuk memenuhi pesanan dengan tepat waktu.

Tidak hanya itu saja, sistem ERP juga bisa melihat data-data berupa data tingkat inventaris, waktu pengiriman, dan faktor lainnya untuk menentukan pusat distribusi mana yang paling “available” untuk bisa menyelesaikan pesanan tersebut dengan tepat waktu. Dalam hal ini berarti ERP bisa menyatukan semua orang dalam satu sumber.

Jenis Sistem ERP

Berdasarkan kegunaan atau implementasinya dalam perusahaan, sistem ERP dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa jenis sistem ERP yang harus diketahui:

1. ERP Berbasis Cloud

Jenis ERP yang pertama adalah ERP berbasis cloud. ERP berbasis cloud tersedia melalui layanan hosting cloud. ERP berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk mengakses data secara real time selama perusahaan terkoneksi dengan jaringan internet. Biasanya jenis ERP ini digunakan di perusahaan besar.

2. ERP On Premise

ERP On Premise adalah perangkat lunak yang digunakan secara langsung dalam perangkat di perusahaan. Sistem ERP ini dirancang untuk semua ukuran perusahaan, mulai dari perusahaan kecil, menengah dan besar. Akan tetapi, lebih banyak disesuaikan untuk perusahaan kecil maupun menengah.

3. Open Source ERP

Jenis sistem ERP ini memungkinkan perusahaan untuk memeriksa, memodifikasi dan juga meningkatkan kode sumber ERP. Keberadaan sistem ERP ini bisa membuat perusahaan mampu menyesuaikan aplikasi supaya lebih sesuai dengan lingkungan tempat kerja.

4. Hybrid ERP

Jenis sistem ERP yang terakhir adalah Hybrid ERP. Hybrid ERP merupakan sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang memadukan penyebaran on proses dan juga berbasis cloud.

Baca Juga : Pengertian Selling Skill dan Manfaatnya

Fungsi ERP bagi Perusahaan

Berikut beberapa fungsi ERP bagi perusahaan:

1. Terintegrasi dengan Berbagai Komponen

Banyak perusahaan yang menggunakan ERP karena sistem ini sudah terintegrasi dengan berbagai komponen. Tentu saja ini akan memudahkan perusahaan dalam memantau bagian mana yang perlu diperbaiki, ditingkatkan dan dipertahankan. Selain itu, ERP sangat aman dan mudah sehingga membuat perusahaan tidak khawatir dalam menjalankan bisnisnya.

2. Perencanaan Menjadi Lebih Matang

Menggunakan sistem ERP dalam bisnis akan memudahkan perusahaan dalam melakukan perencanaan usaha. Dimana perencanaan yang dibuat bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Jika perencanaannya  sudah ada data dan analisis maka bisa membuat strategi yang tepat untuk menghadapi bisnis kompetitor.

3. Memantau Lebih Aman

Apabila perusahaan yang dimiliki sedang berkembang, biasanya banyak produk yang perlu diseminasi. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan hal tersebut karena bisa membuatnya menjadi lebih terkelola. Selain itu, bisa membuat semua data bisa terekam dengan baik, mulai dari catatan keuangan sampai logistik.

4. Otomatis

Perkembangan teknologi yang pesat dan semakin canggih membuat perusahaan terbantu dalam segala hal. Dengan menggunakan sistem ERP semua hal serba otomatis sehingga bisa mengarahkan data supaya lebih cepat tersampaikan ke pembeli atau konsumen.

Manfaat Sistem ERP

1. Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Penggunaan sistem ERP pada suatu perusahaan ternyata bisa menghemat biaya operasional. Ini dikarenakan sebagian besar aktivitas bisnis dilakukan secara otomatis. Dalam hal ini berarti sistem ERP bisa mengambil alih berbagai pekerjaan yang dilakukan secara manual agar bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

2. Efektivitas Alur Kerja

Manfaat ERP selanjutnya yaitu efektivitas alur kerja. Koordinasi antar bagian kerja membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak sebelum menggunakan ERP. Setelah menggunakan ERP, perusahaan dapat mengorganisir maupun meningkatkan visibilitas alur kerja menjadi lebih baik lagi.

Sistem ERP juga memiliki database umum yang isinya tentang detail apa saja aktivitas yang terjadi di perusahaan secara real time.

3. Manajemen Risiko

Sistem ERP bisa memanajemen risiko dengan baik karena memiliki kemampuan untuk melindungi perusahaan atau bisnis dari praktik penipuan. Terlebih lagi jika perusahaan memiliki banyak data penting, penggunaan sistem ERP bisa membantu dalam menghindari duplikasi dengan cara menyimpan semua informasi dalam satu sistem yang kohesif.

Nah itulah informasi lengkap tentang pengertian dan fungsi ERP bagi perusahaan. ERP adalah sistem yang penting untuk diterapkan dalam perusahaan. Pasalnya ada banyak keuntungan yang diberikan.

Selain menggunakan sistem ERP, perusahaan juga perlu menggunakan Koala+. Menggunakan Koala+ bisa membantu meningkatkan penjualan sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Koala+ hadir dengan beberapa fitur canggihnya, salah satunya yaitu Whatsapp API. Fitur ini bisa membantu mengoptimalkan bisnis dengan layanan pesan yang terintegrasi dengan Whatsapp API sehingga bisa dengan mudah menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan menggunakan Whatsapp Business API.