Apa Itu Dashboard? Ini Pengertian dan Manfaat untuk Jualan

30 April 2023

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus tahu apa itu dashboard. Dashboard bisa membantu bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, data yang ditampilkan oleh dashboard akan membantu kamu dalam mengambil keputusan yang tepat sehingga bisnis bisa meraih kesuksesan.

Buat kamu yang belum tahu apa itu dashboard dan berbagai manfaatnya untuk jualan. Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap.

Apa Itu Dashboard?

Dikutip dari lama Klipfolio, dashboard adalah alat manajemen informasi yang digunakan untuk melacak Key Performance Indicator (KPI), metrik dan juga titik data utama yang relevan dengan bisnis, departemen maupun proses usaha kamu.

Key Performance Indicator (KPI) adalah nilai terukur spesifik yang digunakan untuk melacak kinerja perusahaan, produk ataupun inisiatif dari waktu ke waktu. Melalui penetapan KPI ini, kamu bisa menilai sejauh mana bisnis yang dimiliki berjalan dalam mencapai tujuan bisnis utama.

Dashboard juga bisa diartikan sebagai alat yang bisa menyajikan data ataupun informasi secara real-time. Data yang dimaksud disini adalah data mentah maupun data yang sudah diolah.

Dengan begini, kamu jadi lebih mudah untuk membaca data baru karena penyajiannya menggunakan grafik ataupun metrik visual. Dashboard biasanya berbasis online sehingga bisa diakses kapan dan dimana saja.

Baca Juga : Apa Itu Flash Sale? Ini Cara Membuat dan Meningkatkannya

Jenis-Jenis Dashboard untuk Bisnis

Dashboard untuk bisnis terbagi menjadi 3 jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Dashboard Strategis

Jenis dashboard yang pertama adalah dashboard strategis. Dashboard ini akan membantu operasional bisnis sehingga berjalan dengan baik. Dashboard strategis juga berperan untuk memudahkan pengguna dalam memahami operasional perusahaan sehingga menjadi lebih mudah membuat keputusan berdasarkan data yang disajikannya.

2. Dashboard Analitik

Dashboard analitik ini biasanya digunakan untuk menganalisis sejumlah besar data supaya membantu bisnis dalam menyelidiki trend tertentu, memprediksi potensi hasil tertentu dan juga menemukan wawasan. Jenis-jenis dashboard analitik yang populer untuk operasional bisnis adalah Google Search Condole dan Google Analytics

3. Dashboard Operasional 

Dashboard operasional merupakan jenis dashboard yang akan memberikan kamu pelaporan data secara real-time. Hal ini akan membuat ketepatan waktu data di dalamnya relatif tinggi. Jenis dashboard ini sering digunakan untuk memantau kemajuan perencanaan bisnis dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Yuk Kenali Apa Itu Buyer dan Fungsinya dalam Bisnis

Manfaat Dashboard untuk Jualan

Inilah beberapa manfaat dashboard untuk jualan yang harus kamu ketahui:

1. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Data yang disajikan dengan akurat, tentu akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan bisnis. Pembuatan keputusan bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus diputuskan berdasarkan fakta yang ada bukan kata hati atau firasat saja.

Dashboard akan menampilkan data-data penting dan mudah untuk dipahami sehingga bisa dengan mudah diimplementasikan dalam bisnis yang dijalankan. Data atau informasi yang disajikan oleh dashboard juga akan membantu kamu dalam menentukan prioritas. Hal ini akan membuat tujuan bisnismu menjadi lebih mudah untuk dicapai.

2. Bisa Melakukan Analisis Beberapa Data Sekaligus

Seperti yang diketahui jika dashboard bisa menampilkan beberapa data sekaligus hanya dalam satu platform saja. Dengan begini maka kamu bisa menganalisis berbagai data tersebut tanpa harus repot berpindah platform. Cara seperti ini tentu menjadi lebih efektif dan efisien dalam  memantau kinerja bisnis kamu.

Kamu bisa melihat beberapa Key Performance Indicator (KPI) sekaligus dalam satu waktu. Setiap data yang ditampilkan bisa membuat kamu maupun karyawan perusahaan menjadi lebih mudah memahaminya. Selain itu, juga bisa dengan mudah melihat data apa saja yang dibutuhkan.

3. Menghemat Biaya

Berkat keberadaan dashboard akan membuat semakin berkurangnya pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini berarti semakin banyak waktu yang dimiliki untuk memikirkan cara pengembangan bisnis atau inovasi produk. Keberadaan dashboard ini akan membantu para pelaku bisnis untuk membaca data dengan cepat.

Kondisi ini membuat pelaku bisnis bisa menghemat waktu maupun biaya. Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar lebih banyak SDM (Sumber Daya Manusia) yang bekerja untuk membuat laporan yang sifat datanya cepat diperbarui. Laporan yang ditampilkan dashboard bisa diperiksa kapan dan dimana saja.

4. Melihat Kinerja Lebih Cepat 

Pengolahan data yang dilakukan dengan cepat berarti kamu akan lebih cepat pula untuk melihat bagaimana kinerja bisnis secara keseluruhan. Dimana kamu juga akan melihat target tertentu bisa tercapai atau tidak. Jika ada data yang hasilnya tidak sesuai dengan target, kamu bisa dengan cepat untuk mengambil suatu tindakan.

Sebaliknya ketika kinerja sudah sesuai dengan rencana, maka kamu akan lebih cepat untuk menentukan rencana selanjutnya yang dilakukan. Tentu saja hasilnya akan lebih maksimal. 

5. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Ada banyak manfaat dashboard yang akan kamu rasakan, salah satunya bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis. Pendapatan bisnis yang meningkat ini disebabkan oleh peningkatan produktivitas bisnis karena penggunaan dashboard tersebut. Data yang ditampilkan dashboard bisa memberitahumu mana aspek yang salah sehingga bisa segera diperbaiki dengan tepat.

Selain itu, informasi yang akurat dari dashboard juga bisa membantu kamu agar lebih fokus pada operator tertentu sehingga pendapatan dapat ditingkatkan lagi. Kegagalan menjadi bisa diidentifikasi lebih cepat dan dijadikan pembelajaran untuk kedepannya. Tentu saja kamu akan lebih berhati-hati dalam menyusun strategi bisnis.

6. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Manfaat dashboard selanjutnya yaitu adanya pengelolaan data dalam jumlah besar, termasuk data pelanggan dari berbagai aspek. Data pelanggan ini mulai dari testimoni pelanggan, percakapan pelanggan, musim penjualan paling tinggi dan masih banyak lagi. 

Dengan mengelola semua data pelanggan maka kamu akan lebih mudah dalam meningkatkan pelayanan pelanggan. Oleh karena itu, dashboard merupakan alat yang tepat untuk digunakan dalam menjalankan strategi sentralisasi data pelanggan.

Itulah informasi tentang apa itu dashboard mulai dari pengertian dan manfaatnya untuk jualan. Dari penjelasan diatas diketahui jika menggunakan dashboard akan membuat proses pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. Tentu saja ini akan membuat bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Penggunaan dashboard hasilnya akan lebih maksimal jika kamu juga menggunakan dashboard bisnis dari Koala+. Koala+ merupakan partner bisnis resmi Facebook yang membantu bisnis kamu agar lebih mudah dalam menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan menggunakan WhatsApp Business API.

Menggunakan Koala+ ini berarti kamu juga akan menikmati berbagai fitur yang dimilikinya. Dimana fitur-fitur yang dimiliki bisa mengoptimalkan bisnis yang dijalankan. Beberapa fitur Koala+ adalah Chatbot, Broadcast Massage, Manajemen Transaksi, Manajemen Produk, Live Customer Service dana Koala Resto.