Pengertian dan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis

29 April 2023

Dalam menjalankan sebuah bisnis, prinsip-prinsip etika bisnis penting dipahami. Jadi, tidak hanya peningkatkan penjualan dan keuntungan saja yang diperhatikan. Etika bisnis perlu dipahami dengan baik oleh pebisnis yang ingin usahanya sukses.

Di dalam etika bisnis ini ada cara melakukan bisnis, menjaga hubungan dengan pelanggan, serta cara untuk bersikap di tengah masyarakat luas. Dengan semua etika bisnis tersebut membuat usaha yang dijalankan bisa lebih teratur dan mendatangkan dampak yang positif.

Agar bisa lebih memahami seperti apa itu etika bisnis, mari simak ulasannya di sini sampai habis. Bagi pengusaha pemula jangan sampai skip penjelasan etika bisnis ini ya.

Apa itu Etika Bisnis?

Hal pertama yang perlu dicari tahu di sini adalah arti atau definisi dari etika bisnis. Di sini etika bisnis merupakan sekumpulan prinsip tentang sebuah kebijakan yang pada akhirnya memberi pedoman dalam melakukan kegiatan bisnis. Prinsip yang mengatur hal-hal dengan potensi kontroversial misalnya tata kelola perusahaan, penyuapan, diskriminasi, hingga tanggung jawab hal kepemilikan.

Secara sederhana, etika bisnis ini memiliki peran sebagai sebuah acuan atau pedoman sehingga perusahaan bisa menjalankan usahanya sesuai dengan hukum serta tidak melakukan kegiatan yang merugikan.

Pada etika bisnis tersebut terdapat banyak pandangan atau perspektif. Namun untuk penerapannya etika bisnis ini tidak hanya untuk membuat bisnis bersih dari segi hukum saja, namun agar usaha yang dijalankan memiliki citra yang baik di masyarakat. Caranya dengan menanamkan serta mendapatkan  kepercayaan pelanggan.

Bagi individu, etika bisnis ini digunakan untuk memiliki perilaku profesional serta bisa diterima ketika melakukan kegiatan bisnis. Selain untuk profesionalitas, etika bisnis ini membantu sekali untuk mendapatkan persetujuan masyarakat. Etika bisnis bukan hanya sebuah konsep namun merupakan seluruh elemen bisnis agar dapat berjalan dengan benar terutama ketika menentukan strategi atau mengambil keputusan.

Baca Juga : Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Prinsip-Prinsip Etika Bisnis

Jika sudah mengetahui dan memahami pengertian etika bisnis selanjutnya kamu bisa cari tahu tentang prinsip-prinsip etika bisnis. Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Akuntabilitas

Prinsip yang pertama ada akuntabilitas dimana ini berkaitan dengan bagaimana sebuah bisnis bisa mempertanggung jawabkan semua hal yang sudah dilakukan. Kegiatan yang sudah dilakukan tersebut mulai dari kerja sama dengan pemegang saham, dengan karyawan, serta masyarakat sekitar yang berada di wilayah bisnis tersebut beroperasi.

2. Kejujuran

Dalam etika bisnis juga ada prinsip kejujuran. Semua pihak yang ada kaitannya dengan suatu usaha harus memiliki komitmen akan mengatakan yang sebenarnya dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan. Tidak pernah berbohong, menghilangkan informasi, hingga membuat pernyataan salah atau berlebihan.

Kejujuran harus dijunjung tinggi agar bisa membantu usaha berjalan dengan seharusnya. Selama prinsip kejujuran ini dipegang dan diterapkan maka tidak akan ada perbuatan yang merugikan sehingga bisnis berjalan baik dan lancar.

3. Tanggung Jawab

Dunia bisnis juga perlu prinsip tanggung jawab. Dimana lingkupnya mengacu pada kewajiban maupun tugas yang diberikan kepada seseorang yang dilihat berdasarkan posisi, fungsi, atau profesi orang terkait. Semua pihak misalnya pegawai atau karyawan harus menunjukkan tanggung jawab dengan mengambil kepemilikan penuh dari pekerjaan yang diberikan, menyadari konsekuensi emosional dan finansial dari tindakan yang dilakukan.

4. Taat Hukum

Perusahaan diharuskan secara penuh mematuhi hukum dan undang-undang yang berlaku. Dalam prakteknya pengusaha harus mematuhi peraturan industri, standar pasar, kebijakan, perdagangan, dan prosedur lain. Jika mematuhi semua hukum dan undang-undang yang berlaku, maka usaha yang dijalankan bisa terhindar dari masalah dan nama baik perusahaan terjaga.

Baca Juga : Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

5. Integritas

Prinsip dalam etika bisnis ini berkaitan dengan prinsip yang lain. Jadi integritas ini merupakan bukti dari pelaku bisnis yang telah memenuhi komitmen serta memenuhi semua kewajiban. Konsistensi dari kata-kata dan tindakan yang disebut dengan integritas. Dimana ini nanti akan sangat mempengaruhi citra perusahaan.

Pelaku bisnis yang memiliki integritas tinggi akan melakukan semua yang perlu dilakukan untuk menunjukkan komitmennya dan menolak semua kegiatan bisnis yang tidak bermoral.

6. Transparansi

Transparansi di sini termasuk dalam prinsip yang ada di dalam etika bisnis. Maksud dari prinsip ini adalah berkomitmen pada keterbukaan tentang semua hal yang seharusnya diketahui pihak yang terlibat mulai dari investor, pelanggan, dan pegawai. Termasuk di dalamnya tidak membocorkan informasi yang memang seharusnya disembunyikan seperti masalah upah, perekrutan, dan sebagainya.

Menjalankan sebuah bisnis memang perlu dilakukan dengan baik dan terencana. Prinsip-prinsip etika bisnis ini penting diterapkan karena ini menyangkut keberhasilan bisnis itu sendiri. Tanpa adanya etika bisnis akan sulit diterima masyarakat. Jika bisnis tak bisa diterima masyarakat maka tidak ada harapan untuk meneruskannya.

Selain menerapkan semua prinsip yang ada dalam etika bisnis, pelaku bisnis juga perlu memperhatikan pengelolaan yang baik dalam berbisnis dan memperhatikan kepuasan pelanggan. Untuk memaksimalkan layanan pelanggan, kamu bisa menggunakan Koala+ yang memiliki berbagai fitur canggih.

Koala+ merupakan partner bisnis resmi Facebook yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan usaha dengan cepat dan efektif. Ada banyak fitur canggih yang bisa kamu gunakan seperti Chatbot yang memungkinkan kamu untuk membalas pesan otomatis dengan kepada pelanggan selama 24 jam. Dengan fitur ini, kepuasan pelanggan akan tercapai karena mereka merasa diperhatikan dan dihargai.

Tak hanya itu, ada juga fitur Manajemen Produk dan Manajemen Transaksi. Fitur ini memudahkan pelaku bisnis dalam mengelola semua transaksi yang terjadi, membuat laporan keuangan, hingga membuat daftar produk. Semuanya bisa kamu atur dalam satu dashboard Koala+ yang terintegrasi WhatsApp API. Jadi tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!