Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Jenis-Jenisnya

29 April 2023

Dalam bisnis, kuesioner kepuasan pelanggan digunakan untuk mengetahui tingkat customer satisfaction. Dengan adanya kuesioner ini, pelaku bisnis bisa mencari tahu sejauh mana para pelanggan merasa puas dengan service atau produk yang ditawarkan.

Di era digital seperti sekarang penggunaan dan penyebaran kuesioner jadi lebih mudah dilakukan. Hanya melalui smartphone atau gadget yang lain, kuesioner bisa tersebar dengan cepat.

Apa Itu Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Pada dasarnya kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur rasa kenyamanan dan kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian dan menggunakan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan atau brand.

Rasa puas tersebut dapat muncul dengan membandingkan salah satu produk maupun layanan dari satu brand dengan yang lain. Customer juga biasanya membandingkan ekspektasi tentang produk atau jasa yang didapatkan ketika menggunakan produk terkait.

Dapat diartikan kuesioner kepuasan pelanggan ini adalah serangkaian atau sekumpulan pertanyaan yang diajukan agar bisa mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada suatu produk maupun layanan jasa dari satu brand tertentu.

Ketika konsumen merasa puas pada suatu produk atau layanan jasa, nantinya akan menjadi pelanggan loyal yang merekomendasikan produk atau jasa yang telah digunakan tersebut pada orang lain. Dari situlah pelaku bisnis akan mendapatkan banyak pelanggan baru dan pencapaian target penjualan.

Dalam membangun dan merintis sebuah usaha mengetahui tingkat kepuasan konsumen menjadi hal yang cukup penting. Kuesioner tersebut nanti akan membantu dalam mendapatkan feedback dari konsumen yang telah menggunakan jasa atau produk.

Dari feedback, pelaku usaha dapat melakukan perbaikan serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan serta produk yang ditawarkan bisa lebih unggul dari milik kompetitor. Perusahaan yang baik menyediakan sebuah wadah bagi pelanggan agar suaranya terdengar.

Kuesioner kepuasan pelanggan inilah yang nantinya menjadi solusi pelaku usaha agar bisa mendapatkan feedback dari konsumen yang berperan penting bagi kemajuan bisnisnya.

Kepuasan pelanggan sendiri menjadi aspek penting bagi suatu bisnis karena suara konsumen ini yang nanti menentukan seberapa sukses sebuah brand dilihat dari rasa puas penggunanya. Jika ada yang merasa kurang puas maka itu dapat dijadikan sebagai introspeksi dan mulai memperbaiki kualitas produk atau layanan yang ada.

Baca Juga : Definisi dan Jenis Layanan Pelanggan Wajib Diketahui

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan yang Bisa Kamu Coba

Setelah mengetahui seberapa penting kuesioner kepuasan pelanggan untuk sebuah bisnis, saatnya mencari tahu seperti apa contoh kuesioner kepuasan pelanggan itu sendiri. Ini cocok sekali dipelajari bagi pelaku usaha yang baru mulai terjun di dunia bisnis.

Di sini ada dua jenis kuesioner yang biasanya digunakan pelaku usaha sebagai sarana untuk mendapatkan feedback konsumen.

1. Contoh Kuesioner Kepuasan Konsumen Produk Makanan

Bagi pelaku bisnis yang memiliki produk makanan aspek atau elemen yang perlu dimasukkan dalam kuesioner adalah cita rasanya. Ketika membahas cita rasa ini coba pelajari apakah sebanding dengan harganya atau sebaliknya.

Selain itu cari tahu juga variasi menu yang ada sudah baik atau belum, porsi hidangan, plating atau penyajian makanannya bagaimana, kualitas bahan hingga keramahan penjual juga perlu dicari tahu melalui kuesioner. Berikut ini contoh survei sekaligus model jawabannya:

  • Harga tiap makanan terjangkau dan sebanding dengan cita rasa (Jawaban: ya/tidak /mungkin).
  • Restoran sudah menyediakan pemesanan jarak jauh dengan kualitas bagus (Jawaban: ya /tidak /mungkin).
  • Kemasan setiap produk makanan restoran ini menarik perhatian dan rapi (Jawaban: ya/tidak/mungkin).
  • Restoran ini mempunyai cita rasa yang variatif dan enak (Jawaban: ya/tidak/mungkin ).
  • Pelayanan di sini cepat, ramah, dan memuaskan (Jawaban: ya/tidak /mungkin).
  • Apakah kamu akan merekomendasikan produk restoran ini kepada orang lain? (Jawaban: ya/tidak/mungkin).

Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

2. Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Belanja Online

Jika sebelumnya ada contoh kuesioner kepuasan pelanggan untuk restoran, kali ini ada contoh kuesioner untuk konsumen online shop. Dalam kuesioner tersebut perlu memasukkan variabel harga, produk, pengiriman barang, serta keramahan penjual.

Langsung saja simak contoh kuesioner kepuasan pelanggan online shop yang bisa kamu simak di bawah ini, berikut dengan model jawabannya.

  • Olshop ini selalu menyediakan barang-barang original dengan kualitas terbaik (Jawaban: ya/tidak/ragu).
  • Apakah harga yang ditawarkan olshop ini sebanding dengan kualitas barangnya? (Jawaban: ya/tidak/ragu).
  • Seberapa menarik promo dan diskon yang sering dirilis oleh toko kami? (Jawaban: sangat baik /cukup/kurang).
  • Customer service olshop ini cepat dan tanggap dalam melayani chat para pelanggan (Jawaban bisa berupa skala 1-10, semakin besar skalanya menandakan customer care tersebut sudah baik).
  • Olshop ini pelayanannya yang jujur dan memuaskan (Jawaban: ya /tidak /ragu-ragu).
  • Apakah kamu setuju kalau olshop ini membuka program kartu keanggotaan? Anggota akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan kartu ini (Jawaban: setuju/tidak setuju/ragu).

Dari contoh tersebut dapat dilihat kalau kuesioner kepuasan pelanggan bisa dibuat sesuai kebutuhan perusahaan. Tergantung dari jenis produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Untuk mengirim pesan kuesioner ke banyak pelanggan sekaligus, kamu bisa menggunakan fitur Broadcast Message dari Koala+. Tidak hanya kuesioner, kamu juga bisa menggunakan Broadcast Koala+ mengirim pesan lainnya seperti promosi produk baru, diskon dan lain sebagainya.

Koala+ cocok untuk meningkatkan pelayanan pelanggan dengan mudah dan cepat menggunakan WhatsApp API. Selain broadcast, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur bisnis premium lainnya seperti chatbot, manajemen produk dan transaksi hingga live customer service. Semua bisa langsung kamu atur di dashboard Koala+.